Ketahui Penyebab Stres pada Anak

2 September 2018 - 18:19 WIB
Belajar di luar ruangan menjadi alternatif menghindari anak stres di dalam kelas
Belajar di luar ruangan menjadi alternatif menghindari anak stres di dalam kelas

SURABAYA (SurabayaPost.id) – Gejala stres tidak hanya menimpa orang dewasa, anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) juga mengalaminya. Gejala stres bisanya ditandai oleh beberapa hal, misalkan mogok sekolah, tak nafsu makan dan lebih banyak menghabiskan waktu di kamar menyendiri.

Kondisi ini tentunya memicu kekhawatiran orangtua. Lalu apa penyebabnya? Bisa jadi banyak hal. Jika buah hati mengeluhkan kondisi sekolahnya, dengarkan dengan seksama dan cari solusi segera.

Namun jika ia diam saja, coba kenali faktor-faktor berikut yang mungkin jadi penyebabnya. – Tak nyaman dengan teman di sekolah Faktor pertemanan memegang peranan penting bagi kenyamanan anak di sekolah.

Jika ia mengalami masalah dalam hubungan pertemanan atau mendapat tekanan, akan sangat menganggu psikologisnya. Level kepercayaan dirinya bisa menurun, begitu pun semangatnya bersekolah.

– Gurunya

Nilai pelajaran dan sikap guru juga sangat berpengaruh. Ada kalanya komunikasi guru dan murid tak berjalan baik. Apalagi jika ada sikap gurunya yang dirasa melukai anak.

Menghadapi situasi ini memang cukup dilematis, orangtua bisa terlebih dulu berkonsultasi dengan guru pembimbing di sekolah atau wali kelasnya.

– Jadwal terlalu padat Perhatikan juga jadwal harian anak. Jika aktivitasnya sangat padat, bukan hanya sekolah tapi juga beberapa les dan buah hati terlihat kelelahan, coba evaluasi lagi.

Pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup untuk kesehatan fisik dan kestabilan emosinya. (lp6)