Kreatif Ciptakan Konten Digital, Kemenkominfo Apresiasi Pemkot Malang

5 November 2021 - 01:25 WIB
Pemkot Malang meraih penghargaan nasional untuk kehumasan

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan apresiasi pada Pemkot Malang. Sebab, Pemkot Malang dinilai kreatif dalam menciptakan konten-konten informasi publik secara digital di tengah pandemi Covid-19.

Menurut  Menkominfo, Johnny G Plate Kemenkominfo selama ini memang terus mendorong peningkatan dan inovasi badan publik dalam komunikasi dan mendiseminasi informasi publik kepada masyarakat.  Terlebih ditengah efek disrupsi berbagai hal di era digital, termasuk tentunya di era pandemi. 

“Kita tidak bisa lagi hanya membuat rubrik di media cetak konvensional, namun juga menciptakan konten kreatif berbasis digital seperti video, infografis, podcast hingga virtual reality di kanal komunikasi publik baik media mainstream, media sosial, hingga media online,” ujar Menkominfo, Johnny G Plate, dalam sambutan virtualnya pada Acara Malam Anugerah Media Kehumasan (AMH) 2021 yang digelar di Hotel Merusaka, Nusa Dua Bali, Kamis (04/11/21).  

Momen apresiasi tersebut rupanya menjadi momen membahagiakan bagi Kota Malang yang meraih predikat Terbaik I Nasional untuk kategori Website Pemerintah Kabupaten/Kota.  Ini merupakan raihan perdana bagi Kota Malang sepanjang keikutsertaan dalam ajang AMH.  Adapun terbaik II diraih Kota Surabaya dan terbaik III diraih Kabupaten Gunung Kidul. 

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada Kementerian Kominfo dan seluruh jajaran Pemkot Malang yang telah bekerja keras membenahi berbagai aspek komunikasi kebijakan publik.  

“Bentuk syukur terbaik adalah terus mawas diri dan melayani lebih baik lagi,” pesan dia. 

Muhammad Nur Widianto, Kepala Diskominfo Kota Malang turut menyambut baik dan menyatakan kesiapannya merespon arahan Wali Kota untuk membangun komunikasi yang semakin baik, konstruktif dan bermartabat dengan berbagai elemen masyarakat Kota Malang. 

Sementara itu Metta Dharmasaputra, Co Founder dan CEO Katadata yang didapuk sebagai juri sekaligus membacakan pengumuman pemenang AMH 2021 kategori website menjelaskan bahwa pilihan dewan juri mempertimbangkan berbagai aspek, diantaranya kualitas narasi, inovasi, tampilan, hingga interaksi dengan masyarakat dalam komunikasi publik. 

Selain meraih predikat terbaik I pada kategori website, Pemerintah Kota Malang juga masuk nominasi 6 terbaik pada kategori lainnya, yakni Siaran Pers. 

Secara keseluruhan Kompetisi Anugerah Media Humas 2021 yang digelar mulai september lalu meliputi 4 kategori yakni Kategori Siaran Pers (Media Online), Kategori Media Sosial, Kategori Website, dan Kategori Komunikasi Publik. (Lil)