Lampaui Target, 1.232 Atlet Diharap Terkesan di Kejurnas Karate Malang Open Wali Kota Cup IX

2 November 2018 - 20:38 WIB
Ribuan karateka ini bakal memperebutkan piala Wali Kota Malang dalam Kejurnas Karate di Gor Ken Arok Malang
Ribuan karateka ini bakal memperebutkan piala Wali Kota Malang dalam Kejurnas Karate di Gor Ken Arok Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – Wawww… Peserta Kejurnas Karate bertajuk Malang Open Wali Kota Cup IX membludak. Sebab, peserta yang ikut Kerjurnas di Gor Ken Arok Malang itu melampaui target.

Panitia penyelenggara, Forki Kota Malang, awalnya hanya menargetkan 1000 peserta. “Alhamdulillah, di luar dugaan pesertanya lampaui target. Sebab mencapai 1230,” kata Ketua Forki Kota Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko MSi, Juma’at (2/11/2018).

Menurut Nurcholis Sunuyeko, ribuan atlet karate itu bertanding di berbagai kelas. Usia 7 – 9 tahun, ada delapan kelas. Prapemula 10 -11 tahun, 11 kelas. Pemula 12-13 tahun, 12 kelas. Kadet 14-16 ada 12 kelas, junior (16-17 tahun) 12 kelas, under 21 ada 12 kelas, dan senior 21 tahun. Semuanya untuk putra dan putri.

Dijelaskan Nurcholis bahwa para peserta itu datang dari berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, lanjut Nurcholis Sunuyeko yang juga Rektor IKIP Budi Utomo Malang ini, peserta dari daerah bencana, juga hadir.

Disebutkan dia seperti dari Lombok Timur dan Tengah. Lalu Denpasar termasuk juga dari Kabupaten Kolaka.

Menurut rektor yang akrab disapa Yai Nur ini, panitia sempat kewalahan dengan jumlah peserta yang daftar. Namun, tegas dia, dengan upaya maksimal akhirnya pihak panitia mampu mengakomodir animo peserta yang membludak itu.

Dijelaskan Yai Nur, jika peserta dari luar pulau sudah datang jauh-jauh hari. Panitia mengarahkan mereka menginap di hotel yang nyaman.

Sedangkan masalah persiapan sarana dan prasarana pendukung pertandingan diakui tak ada persoalan. Termasuk perangkat pertandingan seperti wasit.

Makanya, Yai Nur ini berharap pelaksanaan Kejurnas Karate Malang Open Wali Kota Cup IX itu berjalan lancar, tertib dan sukses. “Sehingga suruh peserta merasa nyaman dan puas,” katanya.

Panitia, kata dia, sudah berusaha maksimal untuk itu. Sebab, para atlet dan official dari luar pulau itu tak hanya sekedar bertanding.

Namun, lanjut dia, mereka juga bisa rekreasi di Kota Malang. “Jadi para atlet itu juga merupakan wisatawan di Kota Malang,” tandasnya.

Karena itu, Yai Nur ini tidak hanya berharap para atlet bisa mengukir prestasi terbaiknya dan terkesan dengan pelaksanaan Kejurnas kali ini. Tapi juga terpesona dengan destinasi wisata yang ada di Kota Malang. (lil/ah)