Mengangkat Potensi Kearifan Lokal Disparta Kota Batu Bakal Gelar Event “Batu Art Flower Carnival”

26 November 2022 - 22:44 WIB
Batu Art Flower Carnival (ist)
Batu Art Flower Carnival (ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Promosi pariwisata dan budaya jelang akhir Tahun 2022, Dinas Pariwisata Kota Batu bakal menggelar, Batu Art Flower Carnival,Minggu (27/11/2022).

Event besar Kota Batu 2022, yang digagas Dinas Pariwisata tersebut, bakal diramaikan 100 kontingen dengan Pawai Budaya Khas Kota Batu, yakni Parade Budaya dan Kelompok Seni Kota Batu.

Ini,menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq dirancang dan dipersiapkan khusus dengan baik. 

“Standar kualitas peserta yang ditampilkan jadi pertimbangan utama, sehingga seluruh kontingen dengan kekuatan mencapai 100 mobil pawai dapat tampil dengan hebat, semarak dan mengangkat potensi kearifan lokal masing-masing,” kata Arief, Sabtu (26/11/2022).

Event kali ini, menurutnya akan menjadi kunci untuk event-event sejenis di tahun-tahun akan datang, dengan pengembangan yang lebih optimal sebagai salah satu agenda kalender wisata tahunan Kota Batu.

“Penyelenggaraan akan jadi ajang tahunan nanti, diharapkan mampu mendorong semangat pelestarian lingkungan, khususnya bagi masyarakat Kota Batu di Jawa Timur,” harapnya.

“Pelaksanaan Batu Art Flower Carnival, selain mendorong adanya kreatifitas masyarakat  memiliki aspek kepedulian terhadap lingkungan.

Persiapan merangkai bunga (ist)
Persiapan merangkai bunga (ist)

“Gelaran Batu Art Flower Carnival ini  memberikan peluang kepada masyarakat untuk bisa berkreasi dengan berfikir kreatif, dan akan memacu partisipasi masyarakat dalam program pelestarian lingkungan, dan mampu mendorong program-promosi wisata Kota Batu untuk skala nasional,” harapnya.

Ini,ujar dia,dengan 100 kontingan Pawai Budaya Khas Kota Batu, Parade Mobil Hias dan Atraksi Kelompok Seni Kota Batu tersebut, bakal memadati sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Batu.

Disebutkan peserta parade mobil hias perwakilan 24 Desa/Kelurahan dan Kecamatan se Kota Batu.

“Termasuk partisipasi seluruh OPD Pemkot Batu hingga Bank Jatim. Serta partisipasi dari destinasi wisata seperti Jatim Park Group, Selecta. Untuk parade mobil hias nantinya kontingan akan menampilkan miniatur potensi yang ada di desa/kelurahan masing-masing,” timpalnya.(Gus)