MUI Tulungagung: Pergantian Kapolri, Presiden Perlu Mendengar Saran

15 January 2021 - 12:49 WIB
Ketua MUI Tulungagung KH. Hadi M Mahfudz

TULUNGAGUNG (SurabayaPost.id) – Rencana pergantian Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) memasuki babak pertama. Sejumlah dukungan mulai mengalir kepada Presiden RI Joko Widodo. Tidak ketinggalan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tulungagung juga turut menyampaikan dukungannya kepada Jokowi agar menerima saran dari semua pihak. 

Ketua MUI Tulungagung, KH Hadi M Mahfudz mengatakan, kewenangan untuk memilih salah satu dari sekian nama-nama kandidat Kapolri berada pada Presiden RI. 

“Untuk itu, saya memberikan saran kepada Presiden agar mendengarkan masukan dan saran dari para pihak,” ucapnya Jumat (15/1/2021). 

Ketua MUI Tulungagung KH. Hadi M Mahfudz

Mengingat, memasuki masa pensiun Jenderal Idham Aziz yang berakhir dalam Bulan Januari 2021 ini dan juga Surat Presiden (Surpres) terkait pergantian Kapolri yang telah dilayangkan ke DPR RI. “Tentunya, nama-nama yang diusulkan menjadi kandidat calon Kapolri adalah para penegak hukum terbaik,” jelasnya. 

Dalam hal ini, kata dia, Presiden harus menentukan pilihannya dengan memilih 1 diantara calon yang terbaik itu. 

Diketahui, dari sekian calon Kapolri tersebut, muncul 5 kandidat yang salah satu calon diantaranya kini menjabat sebagai Kabareskrim Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Zainul Fuad)