Birokrasi dari pusat hingga daerah menghambat investasi. Sistem kasta menghambat India menjadi adidaya seperti China, neofeodalisme menghambat Indonesia. Persekolahan massal dijadikan instrumen teknokratik untuk menjadikan bangsa ini buruh yg cukup trampil menjalankan mesin2 sekaligus cukup dungu untuk setia bekerja bagi pemilik modal.
Pendidikan bukan lagi mencerdaskan kehidupan bangsa. Elite politik memburu gelar dan jabatan akademik padahal jarang hadir di kampus mendidik mahasiswa. Persekolahan dan perkampusan menjadi mesin2 neofeodalisme melestarikan sikap inlander.
Kampus-kampus harus berhenti menjadi pemburu ranking kelas dunia dengan publikasi abal-abal, membangun tembok-tembok tinggi menara gading, menjadi pabrik ijazah, tapi membangun tradisi ilmu yg fundamental dan konvivial, membangun technology makership, mendidik dan memberdayakan masyarakat serta mendorong transformasi birokrasi menjadi kompeten, meritokratik, dan bebas KKN.
@DanielMohammadRosyid