Para Kades Lega, Akhirnya ADD Cair

24 April 2021 - 18:46 WIB
Salah satu anggota Linmas Junrejo, yang memamerkan uang usai menerima insentif

BATU (SurabayaPost.id) – Anggaran Dana Desa (ADD) Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, sudah cair. Kepala Desa Junrejo, Andi Faizal Hasan, Sabtu (24/4/2021) mengaku lega, lantaran bisa memberi insentif sejumlah puluhan Linmas yang ada di desanya.

Dengan begitu, Sabtu ,24/4/2021, Faizal beberkan besaran insentif para Linmas dan besaran anggarannya pertahun, dari ADD yang sumber anggarannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu.

“Jadi dengan dicairkannya dana ADD di dalamnya juga kita alokasikan untuk insentif Linmas.Kendati nominalnya tidak banyak, tapi itu suatu kewajiban kita untuk memikirkan mereka,” katanya.

Dengan begitu, kata dia, jumlah Linmas Desa Junrejo sekitar 76 anggota. Setiap orangnya menurut Faizal diberikan insentif Rp 100 ribu.

Detik-detik menjelang pencairan insentif Linmas di Kantor Desa Junrejo, Kota Batu

“Saat ini, kita cairkan tiga bulan pertama sejumlah Rp 300 ribu, per anggota Linmas. Termasuk didalamnya ada Babinsa dan Kamtibmas, karena mereka  sebagai pembina para Linmas,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia, di anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Desa Junrejo,  menurutnya memang ada alokasi insentif Linmas.Selain itu, menurut dia,ada beberapa anggaran operasional.

“Anggaran operasional itu,biasanya digunakan untuk jaga malam, stok gula/kopi, dan beberapa kebutuhan lainnya.Termasuk keperluan operasional kegiatan untuk ngepam dan beberapa kegiatan lainnya,” jelasnya.

Lantas jelas dia, dalam satu tahun untuk anggaran insentif Linmas, disebutkan besaran anggarannya sebesar Rp 112 juta. Sedangkan besaran yang untuk operasional sejumlah Rp 4,5 juta dalam setahun.

“Yang perlu kita tegaskan lagi, pada tahun ini, untuk insentif Linmas besarannya sejumlah Rp 112 juta dan yang besaran operasionalnya, sejumlah Rp 4,5 juta. Itu anggaran ADD, yang bersumber dari APBD ,Kota Batu,” tegasnya.

Yang perlu diketahui,tegas dia, Linmas  Desa Junrejo,ia klaim tersolid,kompak,  jumlahnya terbanyak dan aktif se – Kota Batu.

“Jadi tak hanya sekedar nama.Tapi mereka  benar – benar ada orangnya sesuai dengan jumlahnya sekitar 76 orang, dan itu bisa dicek kebenarannya. Linmas yang perempuan, sejumlah 10 anggota, selebihnya laki – laki semua,” ujarnya.

Dengan puluhan anggota Linmas tersebut, ujar dia, setiap harinya mereka bergilir tengah menjaga di pos penjagaan yang tersebar di desa.

Setiap harinya pula, kata dia, berjumlah 8 anggota, yang mana, dari sejumlah 8 anggota tersebut, bergilir, sampai ke putaran berapa, lalu kembali ke putaran awal.

“Setiap hari mereka menjaga dikantor desa dan pos – pos desa sampai dini hari. Meski insentifnya tidak seberapa ,tapi mereka sangat semangat dan tidak lalai dengan tugas pokok dan fungsinya,” puji Faizal, sembari mengaku  ketika pada malam hari ada orang luar daerah yang masuk ke Desa Junrejo tersesat sangat bermanfaat sekali. (Gus)