Patuh, Pemkot Malang Dapat Penghargaan dari Ombudsman RI

Wali Kota Sutiaji saat menerima penghargaan

MALANG (SurabayaPost.id) – Pemkot Malang dapat penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia (RI). Sebab Pemkot Malang dinilai patuh dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Malang. 

Melalui survei yang dilakukan Ombudsman selama tahun 2021, Pemerintah Kota Malang dinilai memiliki kepatuhan tinggi. Terutama dalam menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.

Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Jawa Timur menyerahkan penghargaan tersebut Senin (31/01/2022). Penyerahan sertifikat kepatuhan diserahkan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Propinsi Jawa timur Agus Muttaqin, SH dan diterima langsung Bapak Walikota Malang Drs. H. Sutiaji yang didampingi Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Malang Boedi Utomo,SE, M.Si.

Berdasarkan informasi dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Propinsi Jawa Timur, pelaksanaan survei dilaksanakan di 4 Perangkat Daerah (PD). Itu meliputi  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dispendukcapil, serta Disnaker PMPTSP Kota Malang dengan jumlah total nilai kepatuhan 87,29 dan masuk dalam klasifikasi zona hijau.

Adapun variabel yang menjadi penilaian, kata Agus Muttakin,  yaitu standar pelayanan, maklumat layanan, pengelolaan pengaduan, sarana dan prasarana fasilitas, pelayanan khusus, penilaian kepuasan masyarakat. 

Selain itu, kata dia,  visi misi motto pelayanan, atribut, pelayanan terpadu, serta rekognisi yang kesemuanya merupakan penjabaran amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Wali Kota Malang Sutiaji mengaku  sangat mengapresiasi penghargaan yang diterima. Menurut dia hal itu perlu untuk terus ditingkatkan kedepannya.

“Bersyukur kita sudah masuk dalam zona hijau dengan nilai yang sudah sangat baik, harapannya kedepannya nilai ini terus dapat ditingkatkan dan linear dengan implementasi di lapangan,” harapnya.

Dia membeei contoh, salah satunya yaitu dengan terus mengedepankan sambat online. Sebab itu  sudah terkoneksi dengan semua perangkat daerah dan Kemenpan RI. “Saya juga berharap itu terkoneksi juga dengan dashboard yang ada di saya,” katanya.

Lebih lanjut, Walikota Malang juga menyampaikan apresiasi terhadap respon dan kinerja perangkat daerah dalam menanggapi keluhan masyarakat sebagai bagian dari keterbukaan dan kedekatan Pemerintah Kota Malang dengan masyarakat.

“Akan timbul implikasi dari OPD yang responnya cepat dalam menanggapi dan di saya kan sudah ada, siapa OPD yang cepat menanggapi keluhan. Semuanya akan berimbas pada kinerja dan penilaian OPD yang bersangkutan,” katanya. (Lil) 

Baca Juga:

  • Tuntaskan Penanganan Korupsi,Kejari Kota Malang Terima Pengembalian Kerugian Negara Rp 3 Miliar Lebih
  • ATS Tergolong Tinggi, Wali Kota Wahyu Hidayat: Sekolah Rakyat Bisa Jadi Solusi Turunkan Jumlah ATS Di Kota Malang
  • Wamendagri Apresiasi Sinergi Pembangunan di Kota Malang, Wali Kota Wahyu Hidayat: Visi Misi Kami Mbois Berkelas
  • Luar Biasa, Pemkot Batu Raih Predikat WTP Kesepuluh Kalinya, Wali Kota Nurochman: Capaian Yang Membanggakan
  • Peringatan Hardiknas, Wali Kota Wahyu Hidayat Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Di Kota Malang
  • Serunya Peluncuran Tiga Wahana Anyar  Jatim Park 3, Dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu
  • Momen Hardiknas, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu Luncurkan Program 1000 Sarjana
  • Aksi Simpatik Polisi Di Kota Malang Ditengah Pengamanan Mayday 2025
  • Puluhan Massa MMPJ Gelar Aksi dan Laporkan Roy Suryo ke Polresta
  • 7 Kelebihan Bayar E-Retribusi Termurah Secara Online
  • Be the first to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.