Sambut Hari Pahlawan dan Guru Saat Pandemi Covid-19, IBU Beri Keringanan Bagi Anak-anak Guru Honorer dan Veteran

4 November 2020 - 19:07 WIB

MALANG (SurabayaPost.id) – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo (IBU) Malang memberi keringanan bagi keluarga guru honorer dan veteran. Mereka dibebaskan uang pembangunan pada masa pndemi Covid-19 ini.

Menurut Rektor IBU, H. Nurcholis Sunuyeko, fasilitas tersebut diberikan pada mereka dalam rangka  memperingati hari Pahlawan dan Guru serta anak yatim piatu. Sehingga keluarga mereka dibebaskan uang pembangunan bila berkuliah di kampus tersebut.

“Di Bulan November ini ada hari pahlawan dan hari guru. Anak veteran dan anak guru honorer akan dapat keringanan. Berupa, bebas biaya pendaftaran dan sumbangan pembangunan,” ungkap Nurcholis Sunuyeko, saat ditemui usai Sambut Mahasiswa Baru (Samba) di Jalan Citandui, Kota Malang, Rabu (4/11/2020).

Rektor IBU Dr Nurcholis Sunuyeko memberikan pesan-pesqn pada Maba yang ikut Samba Paripurna

Menurut Nurcholis, selain membebaskan biaya pendaftaran dan sumbangan pembangunan, putra-putri atau cucu para guru honorer dan veteran juga akan mendapatkan keringanan dari uang sumbangan pengembangan pendidikan (SPP).

“Paket Maba ini ada terbatas, hanya untuk 40 mahasiswa baru. Oleh karena itu, segera mendaftar,” jelasnya.

Paket maba ini, lanjut Nurcholis, dihadirkan untuk penghormatan para pahlawan, dan guru honorer yang masih berjuang bagi pendidikan Indonesia.

“Kami sangat menghormati para pahlawan ini. Sehingga, kami siap memberi sumbangsih lewat paket ini. Sebagai penghargaan atas jasa-jasa mereka,” terangnya.

Sebenarnya, tambah Nurcholis, tidak hanya putra-putri atau cucu guru honorer dan veteran yang bisa mendapatkan peluang itu, melainkan yatim piatu juga bisa mendapatkan kemudahan itu. Namun, kuotanya tidak banyak, dan hanya untuk pendaftar diawal bulan November hingga berakhir 30 November.

Para dosen IBU Malang yang ikut acara Samba Paripurna

“Untuk itu, lulusan SMA sederajat dari putra-putri guru honorer, veteran dan yatim piatu tersebut untuk segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada 30 November 2020,” tandasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, IBU Malang telah menggelar Samba beberapa episode yang diikuti mahasiswa baru, baik luring maupun daring, yakni episode “Go to Samba”, Kemerdekaan, Arjuna dan Srikandi, Pancasila Sakti dan ditutup dengan episode paripurna.

Untuk Samba Paripurna ini, diikuti oleh sebanyak 270 mahasiswa, baik yang mengikuti secara luring maupun daring.

Dengan begitu, Jumlah keseluruhan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 di IBU mencapai 1.508 orang. Sedangkan, untuk tahun sebelumnya, IBU memiliki Maba sebanyak 1.010 mahasiswa. (lil)