Masa Pandemi Covid-19, BPN Bagikan Ratusan Sertifikat di Dua Tempat

4 November 2020 - 19:22 WIB

BATU (SurabayaPost.id) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu, bagikan 357 sertifikat pada  warga pemohon program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu (4/11/2020)

Dari sejumlah ratusan sertifikat tersebut dibagi pada dua tempat. Itu karena masa Pandemi Covid-19.  Hal tersebut, dibenarkan Kepala Desa (Kades) Junrejo, Andi Faizal Hasan, Rabu ,4/4/2020.

“Jadi sertifikat yang dibagiakan sejumlah   357 sertifikat. Itu kita bagi menjadi dua tempat untuk memecah kerumunan warga. Artinya proses tersebut, tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Faizal.

Kades Andi Faisal Hasan

Itu, kata dia, terdiri dari RW 1, sampai RW 3, dijelaskannya,telah dibagi, di Kantor Kecamatan Junrejo, dan di tempat sekolahan SD 2 Junrejo, meliputi di RW 4 sampai RW 10.

“Jadi yang sejumlah 211 sertifikat, dibagi pada RW 4 sampai RW 10, di Kantor Kecamatan Junrejo, dan yang sejumlah 1046 sertifikat, dibagi di tempat gedung sekolahan SD 2, Junrejo,” paparnya.

Meski begitu, papar dia, yang di SD 2 Junrejo, menurutnya ada sejumlah 3 sertifikat yang ada di bank.

“Màksudnya di bank itu begini.Karena persyaratan ikut program PTSL itu kan menggunakan akta, dan aktanya itu, masih  dalam agunan bank.Tetapi ada satu kesepakatan, akta yang diagunkan itu bisa diikutnya program PTSL.Ketika nanti proses sertifikat itu selesai, maka yang mengambil bukan pemohon.Tetapi dari pihak bank.Jadi ditukar, oleh pihak bank dari akta aslinya yang sebagai jaminan dan ditukar sertifikat.mekanismenya dari BPN diserahkan kepada pihak bank,” terangnya.

Jadi, terang dia, total jumlah seluruhnya, menurut Faizal, seperti yang sudah disebutkan, sejumlah 357 sertifikat.

Sedangkan terkait dengan prosesi pembagian sertifikat tersebut, Faizal mengaku bila di Dusun Jeding prosesnya sampai Pukul 1,00 Wib, sudah ramlung yang di Kantor Kecamatan Junrejo. “Sedangkan dari sejumlah 2 sertifikat yang belum diambil, nantinya pengambilannya di BPN Kota Batu,” ujarnya.

Terkait dengan pembagian sertifikat melaluhi PTSL tersebut, menurut Faizal, untuk di Desa Junrejo, pelaksanaan pembagiannya yang ke 4 kalinya.

“Yang kita bagikan pada hari ini, pembagian kali ke empat.Jadi dari total kuota keseluruhan pemohon sertifikat di Desa Junrejo, sejumlah 3200.Pada hari ini, hanya tersisa tidak sampai sejumlah 100 sertifikat.Dan sisanya itu,inshaAllah dengan waktu dekat bakal dibagikan lagi oleh BPN,” pungkasnya. (Lil)