Sebanyak 493 Mahasiswa IBU Diwisuda Secara Luar Biasa

8 December 2021 - 22:53 WIB
Wisudawan berprestasi ini sukses meraih IPK yang cukup memuaskan.

MALANG (SurabayaPost.id) – Sebanyak 403 mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang diwisuda. Wisuda mereka bukan wisuda biasa, tapi digelar secara luar biasa

Itu karena wisuda sarjana S1 dan pascasarjana S2 tahun 2021 IKIP Budi Utomo, diwisuda dengan luar biasa. Sebab  penuh dengan entertaiment. 

Boleh jadi disebut graduataiment. Meski begitu tanpa menghilangkan kesakralan sebuah ‘pinisuda’. Sebagai pengakuan atas gelar yang didapat mahasiswa.

Wisuda yang diikuti 493 mahasiswa itu, menyematkan gelar untuk tujuh jurusan program studi dalam dua fakultas. Fakultas PIEK dan Fakultas ISH. 

Berlangsung sangat semarak. Meski tetap dalam koridor protokol kesehatan. Di ballroom Ijen Suite Hotel. Menghadirkan berbagai sisi yang berbeda, dibandingkan wisuda biasanya. 

Mulai hadirnya seni tradisional. Dipadu pencak silat dan seni budaya lainnya. Yang dipersembahkan mahasiswa kampus unggulan ini. 

Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko

Sisi lain yang wisuda ke 37 ini berlangsung, adalah kehadiran orang terdekat dari wisudawan. Mereka ikut mendampingi di atas panggung. 

Di hadapan Rektor dan Senat IKIP Budi Utomo, mereka menyaksikan pemindahan tali toga. Berada di sisi Rektor, saat tali toga itu dipindahkan. Dan gelar akademik pun, resmi bisa disandang. Tetap sakral dan penuh makna. Bahkan tak hilang dari ingatan. 

“Kami ingin memberikan dan menghadirkan kegembiraan, juga kebahagiaan kepada mahasiswa. Jangan sampai wisuda itu malah membuat mereka stres atau tegang. Masak selama kuliah tegang terus, wisuda juga tegang,” sebut Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr. H. Nurcholis Sunuyeko, M.Si., usai wisuda kemarin. 

Mahasiswa berprestasi karena juga meraih nilai IPK baik.

Pun dengan gelaran wisuda yang penuh dengan kreativitas, Rektor juga berharap, para wisudawan saat kembali ke masyarakat, bisa mengembangkan kreativitas dalam berkarya, bekerja dan mengembangkan usaha. Untuk bisa bersaing dalam dunia usaha, yang semakin kompleks. 

“Itulah sebabnya, pola pembelajaran juga harus diubah. Yakni pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan. Termasuk soal biaya kuliah, juga jangan jadi penghalang mahasiswa untuk kuliah. Pasti ada jalan. Karena pada prinsipnya, kemerdekaan belajar itu, hak setiap orang,” tandas Rektor, sembari menyebut IKIP Budi Utomo juga menjalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Wisuda IBU, Moh. Ali Mu’arifudin, M.Pd., menjelaskan, untuk wisuda kali ini, diikuti 493 mahasiswa. Dari Prodi Bahasa Indonesia 55 orang, Bahasa Inggris 72, Pendidikan Biologi 59, Pendidikan Ekonomi 47, Matematika 48, PJKR 99 dan Sejarah 101 orang.

“Ditambah 13 wisudawan Program Pascasarjana Pendidikan Olahraga,” tambahnya.  (Lil)