Sesuai Instruksi, Alun-alun Kota Batu Mulai Dibuka untuk Umum

22 October 2021 - 18:45 WIB
Alun-alun Kota Batu yang sudah dibuka untuk umum

BATU (SurabayaPost.id ) – Fasilitas Umum (Fasum) Alun – alun Kota Batu mulai dibuka  untuk umum Jumat (22/10/2021). 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Batu, Aris Setiawan. “Kita buka Alun – alun Kota Batu,  menindaklanjuti surat edaran Wali Kota Batu, Ibu Dewanti Rumpoko, dan instruksi dari Menteri Dalam Negeri,” kata Aris.

Instruksi itu, kata dia, bahwa di ketentuannya taman atau fasilitas umum ( fasum) diperkenankan dibuka dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid – 19.

“Menakai aplikasi peduli lindungi dan anak – anak juga boleh masuk, dengan syarat didampingi oleh orang tuanya,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia berharap  kedepannya Kota Batu Levelnya terus menurun, dari Level 2 bisa segera ke Level 1.

“Sekarang Kota Batu di Level 2, pariwisata sudah bisa membuka dengan syarat – syarat tertentu. Semoga pariwisata bisa bangkit kembali,” harapnya.

Meski begitu, kata dia, untuk di areal Alun – alun Batu, pihaknya  masih membatasi pengunjung yang masuk ,yakni  25 persen,sejumlah  250 orang yang diperkenankan masuk.

“Nanti diaplikasi itu akan kelihatan yang masuk berapa persennya.Sekali memakai aplikasi, dari 25 persen itu, sekitar 250 orang yang masuk kawasan Alun – alun. Nanti gantian, ada yang keluar berapa baru masuk lagi berpa ,begitu,” paparnya.

Itu, papar dia, jam nya buka, dari Pukul 8 ,00 wib pagi, sampai Pukul 21,00 wib.Untuk itu, pihaknya berharap dengan di perketat Prokes di Alun – alun, nanti Levelnya Kota Batu bisa semakin bagus.

“Bisa menurun jadi Level 1, sehingga keleluasaan pengunjung akan lebih banyak lagi, dan sektor pariwisata naik,serta retribusi pendapatan kususnya Alun – alun bisa sesuai dengan target yang diamanatkan oleh Pemerintah, maupun DPRD Kota Batu,” pungkasnya. (Gus)