Basmi Virus Korona, UMM Tebar Desinfektan Pakai Drone

25 March 2020 - 11:49 WIB
Pesawat drone UMM saat melakukan penyemprotan desinfektan untuk virus korona

MALANG (surabayapost.id) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lakukan terobosan canggih untuk membasmi dan menekan laju penyebaran virus korona (Covid-19). Sebab perguruan tinggi yang terkenal dengan Kampus Putih ini melakukan penebaran desinfektan memakai drone.

Hal itu diakui Rektor UMM, Dr Fauzan MPd, Rabu (25/3/2020). Menurut dia, itu dilakukan karena terkait wabah korona merupakan tanggung jawab semua pihak.

Penyedotan desinfektan itu dilakukan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM. Mereka menggunakan dua unit drone.

Drone tersebut biasa digunakan untuk penyemprotan hama di area persawahan. Kemampuan drone ini bisa membawa lebih kurang 25 liter cairan desinfektan.

Untuk menyemprotkan desinfektan sebanyak itu butuh waktu 15 menitan. Meski kapasitas maksimal mampu membawa 25 liter, tapi demi keamanan diisi 23 liter. Itu bisa untuk area seluas lebih kurang 70 hektar.

Untuk aksi tersebut kata Fauzan, UMM bekerja sama dengan Satgas Corona yang dibentuk Bupati Malang dan Danrem 083/Bdj.

Menurut Fauzan, apa yang dilakukan UMM merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat. “Sehingga masyarakat aman dari virus korona,” kata ia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM Dr. Ir. David Hermawan, M.P., IPM. Mengatakan jika drone yang dipakai merupakan drone Motodoro SRI. Itu senilai Rp 250 juta per unitnya.

Drone tersebut diturunkan untuk melakukan spraying desinfektan di sejumlah titik di Malang Raya. Itu sudah dikoordinasikan dengan Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Zainuddin dan Bupati Drs H.M. Sanusi, MM.

Titik yang dijadikan sasaran penyemprotan adalah di kawasan Kecamatan Dau yang ditemukan beberapa kasus warganya suspect Covid-19. Selanjutnya penyemprotan dilakukan di kawasan lapangan Rampal. Berlanjut di Kota Malang. (aii)