Pandemi Covid-19, Visitasi BAN-PT untuk Prodi Sosiologi UB Dilakukan Secara Daring

24 October 2020 - 09:22 WIB
BAN-PT saat melakukan visitasi secara daring di Prodi Sosiologi FISIP-UB

MALANG (SurabayaPost.id) – Program Studi (Prodi) Sosiologi divisitasi Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara daring karena pandemi Covid-19. Kegiatan visitasi daring ini merupakan yang pertama di FISIP-UB, karena selama ini visitasi dari BAN-PT berlangsung secara luring (off line).

Dua asesor yang melakukan visitasi Dr. Azwar. M.Si dari Universitas Andalas Padang dan Dr. Dra. H. R. Nunung Nurwati, M.Si dari Universitas Pajajaran, Bandung. Kegiatan visitasi itu berlangsung dua hari. Mulai Jumat hingga Sabtu (23-24/10).

Menjawab pertanyaan asesor tentang keterlibatan pemangku kepentingan dalam kegiatan fakultas itu, Dekan FISIP-UB, Dr. Sholih Mu’adi, SH, M.Si menampilkan data keterlibatan stakeholders yang jugs melibatkan alumni dan pengguna para alumni tersebut.

“Alumni dan pengguna alumni FISIP-UB dilibatkan dalam berbagai kegiatan seperti penyusunan visi dan misi,” jelas Sholih sambil menampilkan dokumentasi kegiatan forum group discussion (FGD) stakeholders fakultas itu.

Terkait dengan keterlibatan mahasiswa di bidang enterpreneur, menurut Sholih, mahasiswa diberi kesempatan membuka usaha yang dibiayai dan dibina FISIP-UB. Saat ini ada 47 proposal mahasiswa yang sudah didanai.

Wakil Dekan I FISIP-UB, Siti Kholifah, M.Si, Ph.D, menjelaskan, fakultas itu sudah membangun kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri dan dosen asing melalui program 3 in 1. Juga berupa penelitian bersama dengan universitas di luar negeri.

Keluarga besar FISIP-UB, baik dosen, tendik dan mahasiswa yang ditemui berharap agar akreditasi Program Studi Sosiologi FISIP-UB itu bisa meraih nilai A menyusul Program Doktor Sosiologi yang sudah terakreditasi dengan nilai A. (lil)