Wali Kota Dewanti Ingatkan Soal Ancaman Bencana Hidrometeorologi

27 October 2021 - 22:03 WIB
Dewanti Rumpoko saat pimpin apel darurat siaga bencana menghadapi musim hujan

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Rabu (27/10/2021) memimpin apel darurat siaga bencana menghadapi musim hujan di Lapangan Sumberbrantas, Kota Batu.

Itu, guna mengantisipasi ancaman bencana hidrometeorologi akibat anomali iklim La Nina Moderate di wilayah Jatim. Dalam apel tersebut, dihadiri Forkompinda dan Pentahelix Kota Batu.

“Bersama-sama dengan Pentahelix,  Pemerintah, Masyarakat, Dunia Usaha, Akademisi dan Media bersama-sama untuk menanggulangi bencana dengan menjaga alam,” kata Dewanti. 

Untuk itu, pihaknya mengajak untuk meningkatkan kesadaran, kesiapsiagaan bencana dimanapun berada.

“Longsor memang bencana yang sangat berisiko. Selain itu tanah ambles, angin kencang, dan puting beliung juga kerap menerjang. Apalagi, 60% longsor sering terjadi di daerah rawan bencana di Kota Batu seperti di Sumber Brantas,” ungkapnya. 

Perlu diketahui, dalam acara ini  juga  dilaksanakan penanaman sejumlah 1.450 pohon buah yang terdiri dari alpukat, nangka, jeruk keprok 55 dan berbagai pohon buah di daerah rawan bencana, dan sekaligus memberi santunan untuk Anak Yatim yang berada di Kota Batu. (Gus)