Wali Kota Sutiaji: Forkopimda Segerakan Pemindahan Pasien Isoman ke Isoter

18 August 2021 - 22:26 WIB
Wali Kota Sutiaji saat bersama Forkopimda Malang Raya

MALAMG (SurabayaPost.id) – Forkopimda Kota Malang akan segerakan pemindahan pasien  isolasi mandiri (Isoman) ke isolasi terpadu (Isoter). Pernyataan tersebut disampaikan Walikota Malang, H. Sutiaji sesaat setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Secara Serentak Dalam Rangka Pemindahan Isoman Menuju Isoter  Wilayah Malang Raya, Rabu (18/8/2021) di Lapangan Parade Rampal Jl. Ronggolawe Kel. Kesatrian Kec. Blimbing Kota Malang.

Bertindak sebagai pimpinan Apel Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Irwan Subekti. Walikota Sutiaji turut hadir pada kegiatan tersebut didampingi Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso. 

Menurut Walikota Sutiaji, Kota Malang telah memindahkan 200 an pasien isoman menuju isoter milik Pemkot Malang. “130 pasien di isoter sedangkan sisanya di rumah sakit lapangan; saat ini memang BOR di RSL sedang mencukupi untuk menampung pasien” ujar Sutiaji.

Forkopimda Malang Raya ketika menggelar apel di Lapangan Rampal Malang.

Ia juga menambah bahwa pemindahan Isoman ke Isoter sendiri dilaksanakan berdasarkan pemikiran mengurangi penyebaran Covid-19. Hal ini juga menindaklanjuti instruksi dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi pada saat meninjau pelaksanaan PPKM Level 4 di wilayah Malang Raya.

Kalau itu Malang Raya diminta  dalam waktu 2 minggu kedepan harus segera memindahkan pasien isoman ke isoter. Itu sesuai dengan yang ditargetkan oleh Menko Marves. 

“Kami akan melaksanakan pemindahan pasien isoman ke isoter secara persuasif dengan komunikasi yang baik, yang paling penting harus dapat meyakinkan mereka bahwa berada di Isoter itu lebih baik dari pada isoman seperti arahan dari bapak Danrem tadi,” tukas Sutiaji. 

Pasien isoman, lanjut Sutiaji akan lebih terpantau kondisi kesehatannya jika berada di Isoter karena ada nakes yang standby selama 24 jam untuk memantau kondisi pasien. 

Sementara itu, Kolonel Inf Irwan Subekti mengatakan bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini merupakan moment yang sangat tepat dan strategis dalam upaya penanganan wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang merebak.

“Kegiatan ini mustahil dapat dilakukan tanpa adanya Kerjasama semua unsur yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid 19 yang berada di wilayah, Oleh karena itu pada pagi ini kita melaksanakan apel gelar untuk mengecek sejauh mana kesiapan kita baik dari segi personel, materiil, sarana dan prasarana serta kelengkapannya” ujar Irwan. (Lil)