6 Tips Liburan Domestik Hemat dengan Pesawat Terbang

17 February 2022 - 08:46 WIB
Pesawat Lion Air siap antar. (Ilustrasi; sumber cbcindonesia.com)

Perjalanan domestik khususnya yang masih dalam satu pulau biasanya dilakukan dengan menggunakan kereta api atau bisa juga dengan kendaraan pribadi. Tetapi, beberapa orang lebih suka menggunakan pesawat domestik karena waktu tempuhnya yang cenderung lebih singkat.

Sayangnya, perjalanan dengan pesawat domestik cenderung lebih tinggi dari segi biaya. Tetapi apabila mengetahui cara yang tepat sebenarnya penerbangan domestik dengan menggunakan Lion Air Traveloka atau maskapai lokal lain, Anda bisa menekan biaya yang perlu dikeluarkan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana caranya untuk liburan, namun hanya mengeluarkan biaya yang sedikit meskipun menggunakan pesawat terbang. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui tips-tipsnya!

Pilih Maskapai Low Budget

Cara paling mudah untuk lebih menghemat biaya ketika menggunakan pesawat terbang adalah memilih maskapai low budget. Maskapai penerbangan di Indonesia terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang cocok untuk kelas menengah ke bawah atau yang cocok untuk kalangan menengah ke atas.

Dari segi layanan, maskapai dengan biaya perjalanan murah sedikit kalah dibandingkan dengan maskapai pelat merah seperti Garuda Indonesia. Tetapi masih bisa dijangkau oleh semua orang dengan mudah.

Intinya Anda harus memilih maskapai yang paling sesuai atau yang paling mudah untuk dinaiki. Biasanya setiap daerah memiliki jenis maskapai yang berbeda-beda. Ada yang lebih banyak menggunakan Wings Air atau Citilink.

Pilih Daerah yang Tepat

Pemilihan daerah yang tepat juga akan menentukan apakah nanti tiket pesawat yang harus membayar biaya yang banyak atau tidak. Daerah yang biasanya dilalui oleh turis dan memiliki infrastruktur yang bagus, biasanya cenderung lebih rendah daripada area yang sedikit sulit dijangkau.

Katakanlah Anda ingin melakukan perjalanan menuju Indonesia Timur seperti Papua. Biaya pesawat yang nantinya dikeluarkan bisa lebih besar, apabila dibandingkan dengan perjalanan ke Sulawesi atau NTB seperti Lombok.

Jadi selalu pertimbangkan budget yang disiapkan untuk melakukan perjalanan. Tetapi, jika anggaran yang dimiliki cukup banyak mau pelesir ke mana pun tidak akan ada masalah selama masih ada pesawat yang melakukan perjalanan ke sana.

Selalu Ikuti Promo yang Tersedia

Selalu pertimbangkan berbagai jenis promosi yang ditawarkan oleh maskapai, baik yang melalui situs booking atau yang melalui situsnya secara langsung. Biasanya setiap periode tertentu akan ada promosi yang menarik dan harganya juga terjangkau.

Itulah kenapa Anda harus sedikit repot apabila ingin merencanakan perjalanan sendiri dengan pesawat. Tetapi, dengan kerepotan itu, biaya yang dikeluarkan untuk pesawat terbang bisa diminimalkan. Jadi sisa budget bisa dialokasikan untuk lain.

Apabila memungkinkan Anda juga bisa mengikuti promo dari newsletter yang mereka kirimkan. Intinya, berbagai cara bisa dilakukan selama masih mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan.

Pesan Tiket Tidak Mendadak

Salah satu alasan yang membuat seseorang sering mendapatkan tiket pesawat dengan harga tinggi adalah memesan secara mendadak. Berbagai jenis tiket baik itu tiket untuk perjalanan domestik ataupun perjalanan mancanegara akan mahal apabila pesannya mendadak.

Jadi, pastikan dahulu untuk tidak melakukan perjalanan secara mendadak. Apabila ingin melakukan perjalanan lokal Indonesia, persiapkan paling tidak seminggu sebelum keberangkatan untuk membeli tiket.

Dalam jangka waktu itu, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih terjangkau. Karena dalam periode pemesanan kemungkinan juga akan ada promosi atau sejenisnya yang bisa digunakan secara langsung.

Menunggu Momen yang Tepat
Selalu tunggu momen yang tepat ketika akan melakukan pemesanan tiket. Momen yang tepat ini bisa saja datang dalam waktu yang cepat dan bisa saja datang dalam waktu yang cukup lama.

Hal paling penting adalah, Anda sering menggunakan aplikasi booking pesawat atau bisa juga melakukan pencarian menggunakan Google. 

Dengan begitu, apabila ada kesempatan yang baik Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan. Yang paling penting segala persiapan sudah dimiliki mulai dari anggaran untuk melakukan perjalanan dan cuti apabila pekerja.

Jangan Lupakan Promo Hotel

Salah satu sumber pengeluaran terbesar selanjutnya selain pesawat terbang adalah hotel atau penginapan. Apabila Anda bisa menekan biaya untuk hotel, kemungkinan besar akan lebih hemat sehingga sisa uang bisa digunakan untuk keperluan lain.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan promosi hotel. Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan selalu melakukan pengecekan di aplikasi booking online seperti Traveloka.

Selain itu bisa juga mengecek secara langsung situs dari hotel, karena biasanya akan ada tawaran atau paket tertentu. Apalagi saat ini setiap hotel sudah memiliki media sosial seperti Instagram untuk memudahkan melakukan promosi dan interaksi.

Dari beberapa ulasan di atas, bisa disimpulkan jika biaya terbesar yang dikeluarkan ketika melakukan perjalanan domestik menggunakan pesawat terbang muncul akibat kesalahan diri sendiri. Tetapi, selama bisa menghemat biaya terbang dan akomodasi, semua akan berjalan dengan aman.

Intinya jika ingin melakukan perjalanan domestik yang murah Anda harus rela “sedikit ribet” terlebih dahulu. Selanjutnya bisa langsung mendapatkankan apapun yang diinginkan sehingga perjalanan bisa selesai tanpa hambatan sama sekali. Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat liburan Anda hanya melalui Traveloka Lifestyle SuperApp, karena akan ada banyak promo menarik menanti Anda! (@)