Kisah Perjuangan Pelajar Pasuruan Hingga Raih Juara Festival Esport Piala Rektor Universitas IBU Malang

Wakil Rektor dan Kepala Pusat Kerjasama dan Humas Dr Rochsun MKes pose bersama pemenang Festival Esport Piala Rektor Universitas IBU
Wakil Rektor dan Kepala Pusat Kerjasama dan Humas Dr Rochsun MKes pose bersama pemenang Festival Esport Piala Rektor Universitas IBU

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Tekat dan mental menjadi jawara yang dimiliki empat pelajar SMA Negeri 3 Pasuruan, Jawa Timur, ini sungguh luar biasa.

Bayangkan, keempat pelajar SMA Negeri 3 Pasuruan ini nekat menempuh perjalan jauh dengan mengendarai motor hanya untuk mengikuti turnamen bergengsi dan terbesar di Jawa Timur, yakni Festival Esport Piala Rektor Universitas Insan Budi Utomo (UIBU) Malang.

Keempat pelajar itu adalah, Muhamad Dimas Setyo, Muhammad Rizal, Dimas Maulana dan M. Abiyyu Rafif. Mereka merupakan siswa SMA Negeri 3 Pasuruan Jawa Timur.

Turnamen yang digelar selama dua hari, pada Sabtu 10 Agustus dan berakhir pada Minggu 11 Agustus 2024, menjadi kebanggaan tersendiri bagi keempat pelajar tersebut.

Mereka berhasil menjadi juara 1 di pertandingan Free Fire setelah mengkandaskan ratusan peserta dari SMA lainnya. Mereka pun berhak membawa Trophy Sam Rektor Universitas IBU serta dana pembinaan.

Sedangkan juara II pada Free Fire, diraih tim dari SMA Negeri 1 Sumberpucung atas nama Aditya Eka Maulana, M Zaky Al Hasani, Muhammad Farel Kurniawan dan Demas Asw Rananta.

Dan Juara III diraih tim dari SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang, atas nama Andika Pratama Irwan Junior, Muhammad Rafli Rasyiq Effendi, Muhammad Farras Akmal A dan Syandy Hafidz Saputra.

Rektor Universitas IBU Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko, M.Si menyerahkan Trophy dan piagam kepada pemenang. (Istimewa)
Rektor Universitas IBU Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko, M.Si menyerahkan Trophy dan piagam kepada pemenang. (Istimewa)

Rektor universitas IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko, M.Si sangat mengapresiasi keberhasilan dan perjuangan semua tim yang berlaga. Satu kata yang tak terlupakan “Luar biasa”.

“Kejuaraan kemarin luar biasa, animonya luar biasa, dwngan pengumuman yang hanya efektif 10 hari peserta tembus sampai 670. Bahkan dengan persyaratan yang terbilang sulit jadi animonya sangat luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa Sam Rektor tersebut, Senin (12/08/2024).

Dirinya pun mengaku bangga, terlebih lagi dengan melihat perjuangan para peserta. Salah satunya, peserta dari SMA Negeri 3 Pasuruan.

“Saking semangatnya, mereka datang berempat naik motor, akhirnya mereka pulang dengan membawa hasil juara. Dapat juara 1 di pertandingan free fire,” kata Sam Rektor bangga atas perjuangan mereka.

Pria yang juga menjabat Ketua ESI Kota Malang itu menambahkan, E-sport Festival Piala Rektor UIBU ini adalah awal dari kegiatan Esports di Jatim. Sekaligus memperkenalkan Universitas Insan Budi Utomo yang dahulu bernama IBU.

” Ini adalah kegiatan terbesar di Jatim yang dihadiri pejabat wali kota langsung,” tegasnya.

Sam Rektor bersama salah satu tim pemenangan Festival Esport. (istimewa)
Sam Rektor bersama salah satu tim pemenangan Festival Esport. (istimewa)

Terpisah, Ketua panitia pelaksana, Surya Kusuma mengucapkan terima kasih atas kepada semua tim yang berlaga.

“Kami dari panitia penyelenggara juga mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Rektor Universitas IBU,” kata Surya.

Selian itu juga kepada Pj Wali Kota yang pada pembukaan hadir sekaligus membuka turnamen.

“Ini merupakan bentuk dukungan untuk anak-anak e-sport,” tuturnya.

Dengan melihat animo yang luar biasa dari peserta, menurutnya ini adalah barometer olahraga esport di Malang Raya.

“Kami berharap, kejuaraan ini tidak berhenti di sini, ada reguler bahkan 6 bulan atau 1 tahun sekali kejuaraan yang serupa harus terus digelar,” pungkasnya. (Lil).