Pemdes Mojotengah Gelar Karnaval Kreasi Keliling Desa

Gresik (SurabayaPost.id)- Ratusan warga antusias mengikuti Karnaval Kreasi dengan rute sepanjang 2 km berkeliling Dusun dalam rangka gelaran Sedekah Bumi Dusun Mojotengah, Desa Mojotengah, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, minggu (8/9/2024) Siang.

Berbagai kreasi seperti gunungan tumpeng hasil bumi, Ogoh-ogoh hewan dan berbagai karakter serta Seni Budaya ditampilkan dalam Karvanal ini.

Tak kalah meriah, Kepala Desa (Kades) Mojotengah Suharsono bersama Ibu Kades Sulianik turut menaiki Kereta Kencana dalam karnaval ini disambut riang warga yang melihat di sepanjang jalan.

Filosofi dari menaiki Kereta Kencana ini dikatakan Kades Suharsono sebagai simbol pesan seorang Raja atau Pemimpin yang ingin melayani rakyatnya sebaik mungkin.

Kades Suharsono juga menuturkan, pelaksanaan gelaran sedekah bumi ini merupakan bagian dari menjaga tradisi leluhur dan diadakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 7 hingga 8 September 2024.

“Gelaran sedekah bumi di dusun Mojotengah ini biasanya digelar setiap bulan 8, 9 atau 10 setiap tahunnya. Berdasarkan hasil musyawarah, untuk tahun ini kebetulan diadakan di bulan september,” katanya, minggu (8/9/2024) siang.

Suharsono juga mengungkapkan, untuk rangkaiannya sendiri di hari pertama digelar dengan “Mojotengah Bersholawat” dengan penceramah dari Gus Jenggot Surabaya pada Sabtu malam sebelumnya.

Sedangkan di hari kedua siang ini, diadakan karnaval kreasi dan juga tumpeng hasil bumi yang diarak dan nantinya akan dibagi-bagikan kepada warga sekitar.

“Sebagai penutupan rangkaian acara Sedekah Bumi, nanti malam ada pagelaran Campursari “kembange Jagat” bersama dalang Ki Didik Sasmito untuk menghibur warga,” ujarnya.

Kades Suharsono berharap, dengan diadakannya Sedekah Bumi ini selain menunjukan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah hasil bumi yang melimpah, juga untuk memupuk kerukunan dan kegotong-royongan warga Dusun Mojotengah.

“Semoga berkah diadakannya Sedekah Bumi ini, warga juga dijauhkan dari Segala marabahaya dan dilancarkan rejekinya untuk seluruh warga Dusun Mojotengah,” harapnya.