Upaya Pemerintah Berikan Perlindungan, Kemudahan dan Berdayakan Koperasi serta UMKM, KemenkopUKM Lakukan Pendataan

Tim KemenKopUKM saat melakukan pendataan lengkap Koperasi dan UMKM. (ist)
Tim KemenKopUKM saat melakukan pendataan lengkap Koperasi dan UMKM. (ist)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menjalankan Pendataan Lengkap (PL) koperasi dan UMKM untuk menyediakan data koperasi dan UKM terstandar dan berkualitas, agar dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan dalam perumusan kebijakan yang lebih efektif dan efisien.

Khususnya, terkait upaya pemerintah dalam melakukan perlindungan, pemberian kemudahan, dan pemberdayaan koperasi dan UMKM di Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskopindag) Kota Malang, Dr Eko Sri Yuliadi, S..Sos.,M.M menjelaskan, target dari pendataan lengkap UMKM 2024 mencakup sebanyak empat juta data yang terdiri dari empat provinsi dan 61 Kabupaten.

Sedangkan target data PL-UMKM 2024 Jawa Timur adalah 1.128.000 data dan Kota Malang 46.000 data. Dalam pelaksanaan PL-UMKM 2024, menggunakan data prelist yang berasal dari Data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), agar memberikan hasil yang maksimal.

PL-UMKM 2024 berfokus pada usaha yang tidak menetap. Kegiatan dilaksanakan pada Agustus sampai dengan Oktober 2024 dengan target yang telah ditentukan KemenkopUKM masing-masing enumerator 300 UMKM.