Agar Berwawasan, Satlantas Polresta Malang Kota Beri Binluh Pada Supeltas

17 August 2021 - 09:32 WIB
Jajaran Satlantas Polresta Malang Kota saat memberikan pelatihan 12 gerakan lalu lintas kepada puluhan Supeltas binaannya dihalaman GOR Ken Arok, Kedungkandang

MALANG (SurabayaPost.id) – Satlantas Polresta Malang Kota memberikan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) kepada sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas), Senin (16/8/2021). Sebanyak 70 Supeltas mengikuti kegiatan yang digelar di GOR Ken Arok, Kecamatan Kedungkandang tersebut.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Anggi Khrisna, mengatakan, dalam Binluh dan pelatihan yang digelar Unit Dikyasa, ini memang perlu dilakukan guna memberikan wawasan. Itu diantaranya baris berbaris dan memberikan 12 gerakan lalu lintas dan sopan santun di jalan raya.

Di samping itu, keberadaan Supeltas diharapkan dapat lebih bermanfaat dan jauh lebih mengutamakan kepedulian dalam menjunjung nilai-nilai sosial maupun penegakan aturan berlalu lintas yang baik dan benar.

“Pelatihan gerakan itu sangat perlu. Supaya tidak lupa dalam beraktivitas di lapangan,” tuturnya.

Tujuannya, lanjut Yoppy, adalah untuk meminimalisir kejadian di jalan raya.

Stop pelanggaran, stop kecelakaan dan keselamatan untuk kemanusiaan. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppy Anggi Khrisna

Mengingat, gerakan gerakan tersebut tetap perlu diasah. Sehingga, saat memberikan dan mengaplikasi aturan kepada masyarakat di jalan raya, bisa lancar.

‘ Misalnya, dalam teknis kendaraan putar balik di u-turn. Pengguna jalan lurus, didahulukan. Dalam  penyetopan juga, usahakan kendaraan dalam posisi tidak sedang melaju kencang,’ jelasnya 

Yoppy mengaku, keberadaan tenaga relawan sangat berarti. Sangat membantu tugas kepolisian, terutama di jalan raya. Keberadaan mereka juga mudah dikenali, karena sudah menggunakan seragam.

“Saat ini jumlahnya ada sekitar 70 orang supeltas. Jumlahnya terbilang kurang, karena jumlah anggota tidak bisa terfloating di setiap titik lokasi,” tandasnya. (Lil)