APICA Ajak SBW – Puskowanjati Garap Kopwan di Makassar

16 February 2020 - 09:41 WIB
Ketua SBW, Dr Sri Untari (kiri) bersama Ketua Puskowanjati Jatim, Isminarti

MALANG (surabayapost.id) – Asia Pacific International Co-cooperative Alliance (APICA) mengajak Puskowanjati dan Koperasi Seba Usaha Setia Budi Wanita (SBW) Jatim mengarap koperasi wanita (Kopwan) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ajakan tersebut disampaikan Former Regional Director APICA, Robby Tulus. Bahkan, Robby Tulus yang merupakan warga negara Kanada itu menemui langsung Ketua Puskowanjati Jatim, Isminarti dan Ketua Koperasi SBW, Dr Sri Untari.

Mereka melakukan pertemuan khusus di Restoran Kharizza Kota Malang, Jumat (14/2/2020). Dalam pertemuan itu menurut Isminarti, dibahas soal kerja sama pendampingan Kopwan di Makassar.

“Sasarannya nanti adalah membentuk Kopwan di sana. Terutama yang berkaitan dengan pengelolaan rumput laut,” jelas dia.

Dijelaskan Isminarti bila potensi rumput laut di Makassar sangat luar biasa. Sayangnya potensi tersebut dinikmati para tengkulak.

Itu karena, jelas dia, para pengelola rumput laut terjerat para tengkulak. Untuk itu perlu dibentuk koperasi. “Agar koperasi itu kokoh, yang menjalankan harus kaum wanita. Makanya, APICA mengajak Puskowanjati dan SBW untuk bekerja sama,” kata dia.

Hal itu juga diakui Ketua Kopwan SBW Dr Sri Untari. Menurut dia, secara teknis, Puskowanjati dan SBW memberikan pendampingan dalam pengelolaan Kopwan di Makassar tersebut.

“Ya nanti kami akan mengirimkan SDM atau tenaga ahli keluarga sana. Mereka ditugaskan untuk memberikan pembinaan secara khusus,” kata wanita berjilbab ini.

Karena itu, Sri Untari yang juga Sekretaris DPD PDIP Jatim ini optimistis program kerja sama dengan APICA bakal sukses. Terutama dalam mengentas petani rumput laut dari jeritan para tengkulak. (aji)