Basmi Virus Corona, Pemkot Batu Disarankan Melibatkan Pengusaha

26 March 2020 - 19:20 WIB
Endro Wahyu

BATU (surabayapost.id) – Dalam menghadapi badai wabah corona, Pemkot Batu disarankan melibatkan pengusaha. Saran tersebut disampaikan Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu, Endro Wahyu, Kamis (25/3/2020).

Menurut dia, selama ini Pemerntah Batu sudah melibatkan TNI/Polri. “Namun, para pengusaha yang ada di Kota Batu masih belum dilibatkan secara maksimal,” kata Ketua MPC PP Kota Batu yang sapaan akrabnya Abah Hendro itu.

Abah Hendro menjelaskan bahwa wabah yang mendunia ini jangan dipandang remeh dan enteng. Corong kata dia tak bisa dilihat dengan kasat mata telanjang. Sehingga semua pihak harus waspada. Termasuk pengusaha.

“Andilnya para pengusaha bisa dilibatkan. Utamanya yang berkaitan dengan penggunaan dana CSR. Itu bisa dipakai untuk kebutuhan pencegahan wabah corona,” kata dia.

Dia contohkan seperti digunakan untuk kebutuhan masker, hand sanitizer. Selain itu penyemprotan desinfektan serta yang lainnya yang bisa dilakukan bersama.

Untuk penyemprotan desinfektan kata dia bisa menggunakan alat water canon milik TNI maupun Polri. Sebab, kata dia,dalam memerangi badai ancaman wabah corona ini, harus ekstra hati – hati.

” Corona itu ada.Namun tak bisa dilihat dengan kasat mata. Di daerah sebelah sudah ada yang terdampak.Artinya ini semua jadi pekerjaan rumah ( PR) kita bersama dalam menghadapi musibah ini, agar Kota Batu tetap aman dan terhindar dari ancaman Covid – 19 ini,” ungkapnya.

Karena ungkap dia, wabah corona tersebut menjadi ancaman besar,yang berdampak pada perekonomian, terutama di Kota Batu.

Untuk itu, dalam hal ini, Pemkot Batu segera bahu membahu dan libatkan semua instansi terkait dan elemen masyarakat.Selain itu Penkot Batu harus segera bertindak terkait bantuannya kepada masyarakat batu.

“Pemkot Batu dalam mengatasi corona ini, perlu ditingkatkan lagi, termasuk retribusi bantuannya berupa sembako dan yang lainnya agar segera direalisasikan.Apalagi dengan besaran anggara yang dikabarkan senilai Rp 2,5 miliar.Dan anggaran tersebut, apa sudah digunakan.Dan kalau sudah digunakan apa saja,,” tanya Abah Hendro.

Selanjutnya tanya dia, apa sudah ada pembagian masker,maupun hand sanitizer,serta penyemprotan yang dilakukan di Desa maupun di Kelurahan secara serentak,” tegasnya.

Kemudian tegas dia, terkait pengadaan cuci tangan di kantor – kantor dan fasilitas umum. Menurut dia apa sudah dilakukan juga.

” Karena efek corona ini, sudah melumpuhkan perekonomian.Maka Pemkot Batu sebaiknya segera menyalurkan kebutuhan pokok warga batu dan insentif seperti yang telah dijanjikan, secepatnya terealisasi,” pungkasnya (Gus)