Berkinerja Baik, Bank Sampoerna Bersama KSP Sahabat Mitra Sejati dan Kepolisian Bagi-bagi Sembako di 34 Kota

20 August 2021 - 13:57 WIB
Kepala Bank Sampoerna Cabang Malang Bernard Erwin Karamoy menyerahkan bantuan Sambako secara simbolis kepada Polsek Blimbing, Kota Malang, Jatim

MALANG (SurabayaPost.id) – Bank Sampoerna bersama KSP Sahabat Mitra Sejati dan Kepolisian melakukan aksi kepedulian. Mereka bagi-bagi Sembako di 34 kota secara serentak sebanyak 10.000 paket Sembako.

Aksi kepedulian di tengah pandemi Covid-19 itu juga dilakukan Bank Sampoerna Cabang Malang bersama KSP Sahabat Mitra Sejati di Polsek Blimbing, Kota Malang, Jatim,  Jumat (20/8/2021). 

Kepala Cabang Bank Sampoerna Malang, Bernard Erwin Karamoy menjelaskan bahwa pembagian Sembako merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. 

Dijelaskan dia, pembagian Sembako itu dilakukan secara tahap. Untuk tahap pertama 20 Agustus 2021 sebanyak 10.000 paket. Tahap kedua pada pertengahan September 2021 juga 10.000 paket. 

Kepala Bank Sampoerna Cabang Malang Bernard Erwin Karamoy pose bersama anggota Polsek Blimbing dan para staf Bank Sampoerna Cabang Malang.

Pada tahap pertama ini dilakukan 17 Cabang Bank Sampoerna dan 17 Cabang KSP Sahabat Mitra Sejati. “Gerakan ini kami namakan Peduli Komunitas,” kata Bernard Erwin Karamoy. 

Menurut pria yang akrab disapa Bernard ini, untuk si Kota Malang ada 300 paket Sembako yang dibagikan pada warga terdampak Covid-19. Pembagian itu dipusatkan  di Polsek Blimbing tersebut. 

Gerakan itu, kata Bernard  merupakan inisiatif dari Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati. Itu sebagai aksi keprihatinan dan kepedulian terkait mewabahnya pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia. 

“Makanya, penerima difokuskan pada masyarakat yang terdampak Covid-19 secara finansial. Misalnya, pekerja lepas harian atau masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati,”  jelas Bernard. 

Untuk itu, kata dia, paket Sembako itu diberikan pada warga di wilayah BSS Cabang Malang dan KSP Sahabat Mitra Sejati. Pengadaan dan pendistribusiannya bekerja sama dengan nasabah (UMKM)  serta  kepolisian.

Harapannya, lanjut dia, agar UMKM  bisa terberdayakan secara merata. Sehingga, mereka juga bisa menerima banyak manfaat dari aksi kepedulian ini. “Untuk penyalurannya kami bersinergi dengan kepolisian,” tutur dia. 

Itu termasuk di 17 Cabang Banl Sampoerna di Kota lain. Disebutkan seperti di Jakarta, Palembang, Medan, Pekanbaru, Bandung  Pontianak. Selain itu, Makassar, Surabaya, Malang, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Jayapura, Palopo  Gading Serpong dan Jababeka. 

Kepala Bank Sampoerna Cabang Malang Bernard Erwin Karamoy menyerahkan cinderamata kepada Polsek Blimbing.

Di sisi lain, Bernard juga menjelaskan bila aksi kepedulian itu sebagai wujud rasa syukur. Alasannya, kinerja Bank Sampoerna selama ini cukup baik. 

Menurut dia, pada kuartal pertama tahun 2021 ini Bank Sampoerna membukukan peningkatan laba bersih sebesar 13% dibandingkan sebelumnya. Secara nominal menjadi Rp 11,1 miliar. 

Total aset bank Sampoerna, kata dia, juga meningkat sebesar 21% dibanding per Maret 2020. Itu menjadi Rp 13,2 triliun. 

Begitu juga dengan dana pihak ketiga (DPK), diakui Bernard, meningkat 21% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. DPK itu mencapai Rp 11 triliun. 

Sedangkan total kredit mencapai Rp 8,2 triliun. “Itu relatif tidak berubah dibandingkan dengan kondisi pada tahun sebelumnya,” jelas dia. 

Pada kondisi saat ini, kata dia, Bank Sampoerna melakukan kemitraan strategi dengan KSP Sahabat Mitra Sejati untuk fokus melayani UMKM. Apalagi, KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki 90 kantor cabang di seluruh Indonesia. 

Menurut Bernard, melalui kemitraan strategis itu tidak hanya kerja sama secara operasional. Namun, lanjut dia, Bank Sampoerna memberikan  dukungan likuiditas bagi KSP Sahabat Mitra Sejati. 

“Bahkan lebih dari itu  Bank Sampoerna juga membagikan keahlian maupun pengetahuan teknis. Sehingga, KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki kemampuan mengelola risiko, manajerial serta teknologi yang representatif dalam mendukung kegiatan usahanyanya. Dan dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya di Indonesia,” pungkasnya. (@ji)