Cegah Anak Mudah Sakit Saat di Luar Rumah, Ini Tipsnya

1 September 2018 - 17:56 WIB
Dokter Ariani Widodo dalam talkshow Dancow di Surabaya
Dokter Ariani Widodo dalam talkshow Dancow di Surabaya

SURABAYA (SurabayaPost.id) – Seringkali saat anak bermain di luar rumah, ancaman berbagai macam penyakit mengintainya. Mulai dari penyakit radang tenggorokan hingga diare. Lalu bagaimana mencegahnya?

Dr dr Ariani Widodo, Sp.A(K), Dokter spesial anak, konsultan saluran cerna dari Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita Jakarta, menjelaskan, untuk mencegah si Kecil mudah sakit saat berada di luar rumah ialah dengan memberi pelindungan.

“Caranya, di dalam tubuh kita utamanya usus ada bakteri. Bakteri ada yang baik ada yang jahat. Kalau tubuh sehat ada keseimbangan bakteri.Makanya, beri bakteri baik nutrisi yang cukup supaya memberi lapisan usus sehingga tubuh si Kecil terlindungi,” jelas pengurus IDAI Jaya ini dalam talkshow Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ di Royal Plaza Surabaya, Sabtu (1/9/2018).

Apa bakteri baik itu? dokter Ariani Widodo menjelaskan, bakteri baik itu ialah Lactobacillus rhamnosus.

“Saat bakteri baik itu menempel di usus, yang dibutuhkan adalah makanan namanya prebiotok. Salah satunya inulin,” jelasnya.

Jika nutrisi si Kecil itu bisa memenuhi probiotik, dr Ariani melanjutkan, maka Ayah Bunda bisa berkata ‘Iya Boleh’ dengan tenang saat anak mengeksplor di luar rumah. Sebab, si Kecil butuh mengeksplorasi di luar rumah.

“Si Kecil jangan simpan di rumah, tapi beri kesempatan di luar. Memang, risikonya 2 sampai 3 kali terkena penyakit dibanding disimpan di rumah,.seperti risiko radang tenggorokan 40%, risiko diare 12%,” papar dr Ariani.

Menurut dr Ariani, pentingnya anak di luar rumah agar dia berinteraksi dengan rekan sebayanya. Saat itu, anak bertambah pintar karena bisa eksplorasi.

“Karena anak tumbuh dan berkembang dan perlu belajar hal-hal baru. Di usia 2 tahun, volume otak anak 85%, dan usoa 6 tahun 90% sampai 95% volume otak dewasanya. Makanya butuh simulasi,” ujar wanita yang menghabiskan golden age-nya di Surabaya ini.

Hadir dalam talkshow itu antara lain psikolog Dra Ratih Ibrahim, MM, serta dua Bunda Inspiratif Dancow, yaitu Ussy Sulistiawati dan Intan Nuraini yang akan berbagi pengalaman mereka dalam berkata ‘Iya Boleh’ untuk eksplorasi si Kecil.

Hadir pula Alvin Wiradarma, Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+. (jun)