Disparta Gandeng Pemerintah Desa, IMI, Akan Gelar KWB Motorcross dan Grasstrack di Kota Batu

20 January 2023 - 19:41 WIB
Arief As Siddiq pose bersama. (ist)
Arief As Siddiq pose bersama. (ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Dinas Pariwisata Kota Batu bersama Pemerintah Desa Oro -Oro Ombo  melaunching even bergengsi, KWB Motorcross dan Grasstrack Championship 2023 di Kota Batu,
pada 20 hingga 21 Mei 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq bersama Ketua Pelaksana, Afifuddin di J – Cafe  Oro -Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu,Jumat (20/1/2022).

Menurut Arief sapaan akrab Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu,even otomotif bergengsi tersebut, bakal digelar di Sirkuit O3 yang berada di Jalibar (Jalur Lingkar Barat) Desa Oro-Oro Ombo,Kota Batu.

“Even ini tengah ditunggu – tunggu para rider di Jawa Timur maupun nasional.Terlebih Sirkuit O3 dengan pemandangan yang indah dan menarik, ungkapnya.

Menariknya lagi, ungkap dia, dari 20 kelas yang dilombakan dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

“Even ini akan memberikan kontribusi untuk pariwisata lewat destinasi wisata petualangan otomotif.Kota Batu memiliki Sirkuit O3, sebuah sirkuit yang berada di daerah tinggi, dengan ketinggian 1000 meter, memiliki udara yang sejuk, serta beragam destinasi wisata alam yang indah,” ujarnya.

Ini, ujar dia, sudah menjadi komitmen Disparta Kota Batu bahwa even ini akan dilaksanakan setiap tahun dan masuk agenda wisata ditambah beberapa even pendamping.

“Di Kota Batu banyak even otomotif yang diminati para penggemar otomotif berskala internasional.Lewat even ini Disparta akan mengkolaborasikan semua potensi pariwisata yang ada,” tandasnya.

Ini, tandas dia, tengah terbangun sistem kerja sama yang bisa menggeliatkan pariwisata di Kota Batu. 

Disparta Gandeng Pemerintah Desa, IMI, Akan Gelar KWB Motorcross dan Grasstrack di Kota Batu 
Disparta Gandeng Pemerintah Desa, IMI, Akan Gelar KWB Motorcross dan Grasstrack di Kota Batu 

Sementara Ketua Pelaksana KWB Motorcross & Grasstrack Championship 2023, Afifuddin menambahkan bahwa even ini bakal diikuti para rider professional maupun rider local sekaligus menjadi even pembibitan pembalap prestasi.Untuk kelas lomba, menurut dia, beragam.

“Dari MX 50 CC, MX 65 CC, MX 85 CC, MX Junior A 125, MX 2, MX 1, MX 65 CC Novice, MX Yunior B, Executive A. Executive B, Executife C, BBK STD Jatim, Sport 4T Open, BBK Modif Open, FFA Open, FFA Lokal Batu, FFA Kandang Bajon, BBK STD Kandang Bajon, Vespa FFA dan OMR Honda Win,”  bebernya.

Sisi lain, beber dia, even ini akan luar biasa, lantaran diikuti anak kecil hingga orang dewasa.

“Seperti MX 50 CC itu diikuti anak usia 8 tahun hingga 12 tahun, kelas utamanya MX 1. Even ini memang kita buat untuk menumbuhkan atlet Kota Batu, terutama untuk balap motorcross kita siapkan untuk masuk PON.

“Mereka akan berlaga di sirkuit sepanjang kurang lebih 600 meter sesuai dengan standart sirkuit yang ditetapkan oleh IMI.Pendaftaran sudah kita buka, beberapa rider kelas eksekutif Jatim sudah memastikan ikut, beserta atlet PON Jatim juga sudah menghadiri. Sekretariat pendaftaran di J-Café Jalibar Oro-Oro Ombo.Untuk informasi dan regristasi, hubungi ke nomor telepon,  085101606092,” pesan Afifuddin.
(Gus)