Dorong Minat Baca, DSM Traktir Buku Buat Anak Dhuafa

28 October 2020 - 17:05 WIB
Anak yatim.piatu dan dhuafa saat di toko buku

DENPASAR (SurabayaPost.id) – Terinspirasi dari kebiasaan mentraktir makanan, Dompet Sosial Madani (DSM) mengadakan program “traktir buku”. Kegiatan kepedulian ini, dilakukan dengan mengajak anak yatim dan dhuafa ke toko buku. Sebanyak sembilan anak ikut kegiatan tersebut, Sabtu (23/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Gramedia, Jl Dewi Sartika, Denpasar. Dihadiri langsung oleh Direktur DSM, Andy Krisna. Ia menerangkan bahwa program ini bertujuan meningkatkan minat baca anak. “Selama ini, program bagi-bagi buku banyak dilaksanakan. Tapi, anak-anak tidak pernah bisa memilih langsung. Untuk itu, kami mengajak mereka ke sini. Harapannya, anak punya kebiasaan membaca sejak dini” terangnya

Tampak wajah riang dari anak-anak yang diajak di program ini. Tiap anak diberikan kesempatan untuk memilih dua buku sesuai minat yang ingin dipelajari. Dengan tetap memakai masker dan memperhatikan protocol kesehatan. Mereka mulai menyusuri sejumlah rak buku. Untuk memilih langsung buku yang menarik perhatian.

Amuflihin Amin, pengasuh Rumah Bakat Anak, tempat bernaung anak-anak yatim dan dhuafa yang ikut di program ini, mengatakan “Ini baru pertama kalinya mereka ke toko buku. Saya senang melihat mereka semangat mau membaca. Semoga kelak bermanfaat untuk kemandirian mereka” ucapnya.

Program yang dirancang sebagai upaya merangsang minat baca anak yatim dan dhuafa ini. Tidak akan berhenti hanya membeli saja. Mereka nantinya, diwajibkan untuk membaca dan mempresentasikan isi buku yang dipilih ke pengasuh DSM secara bergilir. Dengan begitu tujuan program ini dapat tercapai dengan baik. (aii)