Dukung Skrining Massal Plasma Konvalesen, Wali Kota Sutiaji Ikut Jadi Peserta

14 August 2021 - 20:10 WIB
Wali Kota Sutiaji saat menjalani skrining untuk donor plasma konvalesen.

MALANG (SurabayaPost.id) – Wali Kota Malang Sutiaji mendukung skrining massal plasma konvalesen. Untuk itu, dia juga ikut menjadi peserta.

Itu karena dia sangat menyadari pentingnya donor plasma konvalesen bagi pasien Covid-19. Makanya, dia akhirnya turut serta menjalani serangkaian tes screening plasma konvalesen di Gazebo Balaikota Malang, Sabtu, (14/8/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PDDI Kota Malang tersebut diikuti  50 orang peserta yang mendaftar secara online. “Jumlah ini bisa saja terus bertambah karena peserta mendaftar saat di lokasi,” tukas Wali Kota Sutiaji. 

Menurut pria yang sudah 2 kali terpapar virus Covid-19 tersebut, kegiatan ini patut diapresiasi. Alasannya karena kebutuhan akan plasma konvalesen juga sangat tinggi.   Sementara untuk mendapatkan pendonornya juga sangat sulit. 

Usai jalani skrining, Wali Kota Sutiaji pose bersama petugas dari PMI Kota Malang

“Atas nama Pemerintah Kota Malang saya mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Donor plasma ini tidak seperti donor biasa. Kemaren saja dari 90 orang peserta hanya 29 peserta yang dinyatakan lulus screening dan dapat mendonorkan plasmanya,” tambah Sutiaji. 

“Saya berharap kegiatan ini dapat membantu warga Kota Malang yang membutuhkan plasma konvalesen.  Semakin banyak plasma yang terkumpul maka akan semakin tinggi tingkat kesembuhan warga Kota Malang dari Covid-19,” ujarnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa PMI Kota Malang telah memiliki peralatan yang memadai dalam rangka memfasilitasi pendonor plasma konvalesen ini. “Sehingga tidak akan ada hambatan lagi untuk segera bergerak mencari pendonor sebanyak-banyaknya,” pungkas Wali Kota Sutiaji yang juga menjabat sebagai Ketua PDDI Kota Malang tersebut. (Lil)