Ingin Kulit Glowing? Ini Tips Pilih Serum Wajah Untuk Pemilik Kulit Kering

28 September 2021 - 12:14 WIB
Ilustrasi; sumber: Indoviska.com

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Memiliki kulit kering di negara tropis seperti Indonesia memang merupakan tantangan tersendiri. Kulit yang kering memang seringnya membuat wajah jadi semakin cepat kusam. Tak hanya itu, wajah jadi rentan mengelupas bila tidak cocok memakai skincare tertentu. Nah, supaya tidak semakin parah, pemilik kulit kering seperti Anda bisa menambahkan serum wajah dalam rangkaian skincare harian.

Eits, jangan sampai Anda salah pilih serum wajah. Pasalnya, memilih serum yang tepat perlu memperhatikan faktor keadaaan kulit wajah itu sendiri. Khusus pemilik kulit wajah kering, silahkan simak beberapa poin penting memilih serum wajah berikut.

1. Jangan Pilih Serum Wajah yang Ada Kandungan Alkoholnya

Anda pemilik kulit kering perlu menghindari serum wajah yang mengandung alkohol. Kenapa begitu? Jadi, ternyata alkohol bisa merusak skin barrier dan mengurangi produksi minyak alami pada wajah. Padahal, minyak alami ini merupakan komponen utama yang melindungi kulit supaya tetap sehat.

Faktanya, meskipun kulit Anda kering, sebenarnya tetap ada minyak alami yang tersembunyi meski dalam jumlah lebih sedikit dari kulit berminyak. Nah, apabila penggunaan serum wajah beralkohol ini dipaksakan, maka lama kelamaan kulit jadi iritasi dan kemerah-merahan. Pada kasus yang lebih serius, alkohol bisa mengakibatkan kulit mengelupas serta urat wajah terlihat. Bila ini dibiarkan, tentu saja akan mengganggu penampilan.

2. Utamakan Serum Wajah dengan Kandungan Vitamin E

Ciri utama wajah glowing impian adalah kulitnya yang selalu lembab. Nah, Anda bisa mengembalikan keadaan kulit kering jadi agak lembab dengan konsumsi air putih 8 gelas perhari. Tak hanya itu, merutinkan konsumsi makanan mengandung vitamin E juga jadi salah satu solusi.

Kenapa perlu vitamin E? Yup, vitamin ini dibutuhkan kulit kering supaya kelembaban alaminya kembali. Ini karena vitamin E mampu menjaga jumlah kadar air dalam tubuh sehingga kulit pun terlihat semakin lembab. Vitamin ini didapatkan dari sayuran hijau tua serta biji-bijian.

Well, bila Anda merasa perlu mempercepat proses menuju glowing, silahkan rawat juga kulit dari luar dengan serum wajah mengandung vitamin E. Oleh karena itu, silahkan simak kandungan yang ada pada serum yang hendak dibeli. Misalkan saja, ketika Anda hendak membeli serum wajah di aplikasi Blibli, Anda bisa membaca deskripsi yang tertera sebelum memutuskan checkout.

3. Pilih Serum Wajah yang Mengandung Emolien

Mungkin Anda yang awam bertanya-tanya: Apakah itu Emolien? Emolien adalah sebuah zat yang berfungsi untuk mengunci kandungan air di dalam kulit. Nah, zat inilah yang bisa membuat kulit jadi semakin halus. Tidak semua skincare mengandung Emolien. Namun, umumnya skincare untuk kulit kering memiliki kandungan Emolien. Anda yang memiliki masalah kulit kering bisa coba beli serum wajah yang ada kandungan Emoliennya.

Meskipun fungsi Emolien hampir mirip dengan pelembab, tetapi keduanya merupakan dua zat yang berbeda. Nah, Emolien ini bisa dibilang bahan dari produk pelembab. Sementara itu, produk pelembab yang ada di pasaran belum tentu mengandung Emolien.

Emolien selama ini digunakan buat mengatasi berbagai masalah kulit kering. Beberapa gangguan yang bisa diatasi diantaranya adalah Psoriasis serta eksim. Masalah kulit kering terbakar yang disebabkan oleh gangguan sinar matahari juga bisa teratasi dengan Emolien.

4. Cek Apakah Serum Mengandung Vitamin C

Kandungan Antioksidan di dalam vitamin C sangat cocok untuk mengatasi kulit kering. Ini karena vitamin C mampu mengatasi keriput. Cara kerja vitamin C yang mampu masuk ke dalam lapisan kulit terdalam memberikan kelembaban yang lebih tahan lama pada kulit.

Ini berarti, vitamin C masuk ke dalam lapisan terdalam kulit untuk mencerahkan dan melembabkan kulit wajah. Sementara itu, vitamin E lah yang berperan untuk melembabkannya. So, kedua vitamin akan bekerja sama memperbaiki kulit Anda yang kering.

5. Perhatikan Packaging Serum Wajah

Selain kandungan di dalam serum wajah, Anda juga perlu memperhatikan packaging kemasan serum tersebut. Banyak kejadian serum wajah tidak bisa digunakan setelah tumpah karena packaging yang ringkih.

Sedikit tips, pilihlah serum wajah dengan packaging yang terbuat dari botol kaca, namun dengan kaca yang tidak mudah licin saat dipegang. Ada jenis kaca yang keset saat Anda genggam. Selain itu, packaging yang baik juga memiliki penutup yang sangat kuat. Bila penutup ringkih dan mudah lepas, kandungan di dalamnya pun jadi ikut mudah tumpah.

6. Pilih Serum Wajah yang Teksturnya Mudah Meresap

Sudah sebaiknya Anda memilih serum wajah yang teksturnya mudah meresap. Serum wajah terbaik tidak akan membuat Anda menunggu lama hingga kandungannya masuk seluruhnya ke dalam lapisan wajah.

Nah, tinggal sesuaikan saja dengan keinginan. Anda ingin serum wajah yang berbentuk cair, gel atau kental? Intinya, tetap utamakan serum wajah yang mudah meresap supaya anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk beralih ke step selanjutnya.

7. Hindari Produk Serum Wajah Palsu

Seiring semakin populernya serum wajah, banyak sekali oknum jahat yang coba membuat versi palsunya. Kandungan serum wajah palsu tidak akan memberikan efek yang baik bagi kulit. Justru, banyak kasus serum wajah yang bikin kulit semakin iritasi dan kemerah-merahan.

Oleh karena itu, Ingat untuk tidak tergiur harga murah yang tak wajar. Pastikan membeli dari pedagang terpercaya. Nah, Anda bisa memilih untuk membeli serum wajah di authorized seller Blibli. Selain itu, bisa juga membaca review pembeli sebelumnya sebelum memutuskan checkout dan bayar.

Ini dia tips pilih serum wajah khusus pemilik kulit kering. Apakah Anda punya masalah kulit serupa? Coba pakai tips pilih serum wajah yang tertera di atas. Pastikan serum wajah yang Anda beli nantinya cocok agar wajah semakin glowing.