Intensitas Demo Tinggi, Polresta Periksa Kesiapan Peralatan

12 October 2020 - 20:58 WIB
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata memeriksa kelengkapan peralatan untuk menangani aksi unjuk rasa

MALANG (SurabayaPost.id) – Polisi Kota Malang melakukan kesiapan menangani unjuk rasa. Untuk itu, Polresta memeriksa kelengkapan peralatannya di Mapolresta Malang Kota, Senin (12/10/2020).

Pemeriksaan tersebut meliputi alat khusus (alsus), alat utama (alut) hingga alongin. Semuanya diperiksa kesiapannya.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menerangkan, pemeriksaan kesiapan dalam rangka tugas-tugas rutin. Selain itu, pemeriksaan kesiapan juga terkait kondisi dan situasi yang terjadi saat ini.

“Iya ini apel kesiapan. Untuk kesiapan peralatan baik khusus dan utama. Selain rutin, juga terkait dengan aksi unjuk rasa yang sering terjadi saat ini. Apalagi, intensitasnya cukup besar,” terangnya saat apel, di Mako Polresta Malang Kota.

Ia menambahkan, dengan pemeriksaan itu, nantinya akan dipisahkan mana yang masih layak dan tidak. Termasuk yang rusak dan yang bisa digunakan. Sehingga, bisa sewaktu waktu digunakan saat diperlukan.

Disinggung terkait adanya kabar aksi unjuk rasa susulan, Leo mempersilahkan saja. Karena itu, memang boleh dilakukan seluruh warga negara. Namun ia berpesan, agar tidak anarkis. Karena hal itu tidak akan ditolelir.

“Ya silahkan saja. Asal tidak anarkis. Jika hal itu terjadi debat anarkis, jangan ada perusakan pembakaran dan lainya. Jika hal itu terjadi, dilakukan penegakan hukum, ditahan dan tidak ada penangguhan,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya menurunkan sekitar 3.000 personel gabungan. Mereka dari Polda, Polres Polres sekitar serta 5 SSK dari TNI. Selain itu, di perbatasan juga sudah dilakukan penyekatan. (lil)