IQRA Semesta Siap Camp Literasi di DeDurian Park

6 September 2021 - 08:22 WIB

JOMBANG (SurabayaPost.id)–Setelah libur 3 bulan karena PPKM, Camp literasi di Kampus Alam DeDurian Park akan buka kembali. Acara ini digelar IQRA Semesta, baik kelas dibuka adalah Training Penulisan dan Perpustakaan.

” Kita akan buka kelas menulis untuk guru, pustakawan, umum. Targetnya menulis bersama dan lahirkan buku bersama yang sia terbit ber ISBN, ” tegas Bambang Prakoso Ketua IQRA Semesta.

PTM terbatas dimulai pada bulan September, Iqro Semesta sebagai lembaga non pemerintah yang bergerak pada bidang Literasi, Pengelolaan Perpustakaan, Training dan Pendidikan stelah menunda beberapa kegiatan karena kebijakan PPKM pada bulan September ini mulai melayani masyarakat lagi.

” Antara bulan September-Oktober ini Iqro Semesta akan mengadakan kegiatan Pelatihan manajemen perpustakaan sekolah dan akreditasi perpustakaan sekolah, sasaranya pustakawan sekolah tingkat dasar sampai menegah se Jawa Timur, ” tambah Bambang yang juga dosen ini.

Acara ini tegas Bambang,,akan diadakan di Kampus Alam DeDurian Park Wonosalam Jombang Jawa Timur.

Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Airlangga dan Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, kegiatan ini merupakan lanjtan dari kegiatan sebelumnya yang sudah diikuti hampir seratus sekolah di Jawa Timur.

” Pada bulan Oktober Iqro Semesta akan mengadakan Kelas Menulis yang akan diikuti oleh siswa dari berbagai sekolah di Jawa Timur, Mahasiswa dari Universitas Airlangga dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya,” tambah pria kelahiran Pacitan ini.

Bambang juga menegaskan, Narasumber kelas menulis ini dari berbagai latar belakang yang tentunya mereka sudah malang melintang dan segudang pengalaman didunia kepenulisan, ada wartawan senior, akademisi, praktisi, penulis nasional-internasional, kegiatan kelas menulis ini.

” Sudah setahun diadakan secara rutin di Kampus Alam DeDurian Park Wonosalam Jombang Jawa Timur dan sudah menhasilkan beberapa buku antologi,” tegasnya.

Iqro Semesta juga akan melanjutkan beberapa agenda kegiatan yang sempat tertunda selama PPKM diantaranya penandatanganan MOU dengan SMA Khadijah Surabaya, MOU dengan perpustakaan Unair, Prodi Perpustakaan Unair, MOU dengan MKKS SMA/SMK Swasta Surabaya.

” Pelatihan Kepala Perpustakaan dan Pengelola Perpustakaan tingkat sekolah dasar sampai menegah se Jawa Timur, Pelatihan ini sudah kerjasama dengan Perpustaakaan Nasional Republik Indonesia, ” tambahnya ***