Jokowi Minta Tol Mapan Digratiskan Dulu  Sampai Liburan Lebaran 

13 May 2019 - 16:58 WIB
Presiden Jokowi usai meresmikan Tol Mapan

MALANG (SurabayaPost.id) – Presiden Joko Widodo minta agar pemanfaatan tol Malang-Pandaan  (Mapan) digratiskan dulu. Permintaan itu disampaikan saat meresmikan pengoperasian tol Mapan, Senin (13/5/2019).

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Indonesia ini menyampaikan, untuk pengoperasian Jalan Tol Mapan ini sementara tanpa tarif. Itu untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat hingga libur Lebaran.

“Saya sudah bisik-bisik ke Menteri BUMN. Ya, supaya menggratiskan dulu sampai Lebaran,” ungkapnya.

Mendapat permintaan tersebut, Menteri BUMN RI, Rini M Soemarno menjawab dengan tegas akan memperhatikan permintaan Presiden ke-7 tersebut.

Menurut  Rini, keberadaan Jalan Tol Mapan ini  merupakan bagian dari peran BUMN sebagai agen pembangunan dalam mendorong peningkatan konektivitas darat dan pemerataan ekonomi masyarakat.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan permintaan pak Presiden, jadi jalan tol ini kita gratiskan hingga libur lebaran,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) Agus Purnomo menyampaikan, sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi, pihakanya akan mengoperasikan tanpa tarif mulai tanggal 14 Mei 2019 besok pukul 07.00 WIB.

“Jalan Tol ini akan kami operasikan tanpa tarif mulai besok, sampai ada keputusan dari Menteri PUPR tentang tarif tol,” pungkasnya. (lil)