Cintai NTT,  Presiden  Jokowi Resmikan  Bendungan Rotiklot 

20 May 2019 - 22:45 WIB
Presiden Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pose bersama para penari penjemput

ATAMBUA (SurabayaPost.id)-Presiden RI Joko Widodo mengaku sangat mencintai Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kecintaannya itu terbukti dengan berulang-ulang datang ke NTT. Bahkan, kedatangannya di NTT pada Rabu (20/05/2019), merupakan kedatangannya yang ke-10, dibanding frekuensi kunjungannya ke propinsi lain.

“Saya berulang-ulang datang di NTT. Kali ini datang untuk yang ke-10. Sedangkan propinsi lain hanya satu atau dua kali”, begitu kata Presiden Joko Widodo, sesaat sebelum meresmikan Bendungan Rotiklot.

Menurut Presiden Joko Widodo, yang biasa disapa Jokowi, kedatangannya berulang-ulang di NTT karena sangat mencintai NTT. Bagi Presiden Jokowi, masalah utama di NTT termasuk Kabupaten Belu, adalah masalah air.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan sesaat sebelum peresmian Bendungan Rotiklot, Rabu (20/05/2019).

“Kalau ada air, kita bisa tanam apa-apa. Kalau sebelumnya panen hanya satu kali dalam setahun bisa panen dua kali dalam setahun. Kita juga bisa tanam apa-apa. Bisa tanam padi, jagung, singkong, melon dan semangka. Sekali lagi, semua bisa terjadi karena air”, tandas Presiden Jokowi.

Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Doi dalam ungkapan sekapur sirihnya memperkenalkan Nusa Tenggara Timur-NTT kepada Presiden Jokowi sebagai Propinsi Nusa Toleransi Terindah.
Menurut Wagub Josef, masyarakat NTT sangat mencintai Pak Jokowi.

“Mereka (masyarakat NTT, red) sangat mencintai Bapak Presiden. Sebab, Bapak Presiden mencintai mereka. Kalau mereka minta air, Bapak Presiden kasih air. Kalau mereka minta jalan, Bapak Presiden kasih air”, tandas Wagub Josef disambut tepukan tangan panjang warga dan pejabat yang hadir.

Kedatangan Presiden Jokowi kali ini didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Sekretaris Negara, Gubernur NTT dan Wagub NTT.  Tampak hadir Bupati Belu Willybrodus Lay, Wabup Belu J.T. Ose Luan, Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus Bere dan para pimpinan perangkat daerah di lingkup Kabupaten Belu.

Kali ini, Presiden Jokowi datang di Belu untuk meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di wilayah Desa Fatuketi Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Malaka.  Kedatangan Presiden Jokowi disambut para pejabat dan warga Belu di Bandara El Tari Kupang.

Setelah istirahat sebentar, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Bendungan Rotiklot. Sepanjang jalan, warga membentuk pagar betis dengan melambaikan tangan disertai teriakan yang menyebut nama Jokowi.
Seusai peresmian, Presiden Jokowi melakukan peninjauan ke semua titik bendungan. (cyk)