Kapolresta Makota Donorkan Plasma Konvalesen

12 August 2021 - 16:52 WIB
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto melakukan aksi nyata sebagai pendonor darah plasma konvalesen

MALANG (SurabayaPost.id) – Langkah nyata Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto patut diapresiasi. Sebab, dia ikut mendonorkan  plasma konvalesen, di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/08/2021).

Tak hanya itu. Dia juga mengerahkan 57 anggotanya, untuk berpartisipasi dan melakukan hal yang sama. Semua itu dilakukan,  karena menurut dia, satu contoh teladan, lebih baik dari banyak memberi nasihat.

“Kami berpendapat, satu contoh teladan lebih baik dari 1000 nasihat. Karena itu, saya ikut mendorong kepada para anggota, untuk turut berperan dalam memberikan donor plasma. Karena, masih banyak saudara saudara kita yang membutuhkan,” terang Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, usai screening plasma darah di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/08/2021).

Ia melanjutkan, para anggotanya yang ikut donor plasma, adalah para penyintas Covid 19. Hal itu sekaligus menjadi bentuk dukungan, khususnya dari Polresta Malang. Kota, mewujudkan Bank Plasma Konvalesen “Dari Malang Untuk Indonesia”.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat meninjau donor darah plasma konvalesen

Secara keseluruhan, peserta donor darah plasma ada sekitar 100 orang termasuk dari masyarakat umum.

“Personil dari Polresta Malang Kota, ikut screening semua. Kalaupun sekiranya ada yang tidak lolos untuk plasma konvalesen, bisa untuk aksi kemanusiaan dalam donor darah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kabag Ops Polresta Malang Kota, Kompol Sutantyo yang juga menjadi salah satu peserta donor plasma darah mengakui, bahwa dirinya pernah dinyatakan positif Covid 19, tanggal 09 Juni 2021.

“Setelah dinyatakan, sembuh, kali ini saya mengikuti screening plasma. Kalau lolos, akan bisa berbagi kepada saudara kita yang terpapar covid 19,” terangnya.

Hal yang sama disampaikan Nyoman. Anggota Polsek Klojen ini, berniat memberikan aksi sosial kemanusiaan donor darah konvalesen.

“Saya pernah terkena Covid 19. Senang kalau bisa berbuat sosial kemanusiaan dengan membantu masyarakat yang membutuhkan. Karena kebutuhan darah plasma, sebagaimana data di PMI, cukup banyak,” tandasnya. (Lil).