Kemenpan RB Nilai Layanan SKCK dan Satpas Polresta Makota Baik

15 October 2020 - 20:35 WIB
Deputi Bidang Pelayanan Publik (Yanlik) Kemenpan RB, Diah Natalisa bersama rombongan meninjau pelayanan di Satpas SIM. Rombongan Deputi Kemenpan RB juga banyak mendapat penjelasan dari Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarnata terkait layanan Satpas SIM

MALANG (SurabayaPost.id) – Deputi Bidang Pelayanan Publik (Yanlik) Kemenpan RB, Diah Natalisa menilai layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Satuan Administrasi Pelayanan SIM (Satpas) Polresta Malang Kota (Makota) sudah baik. Penilaian tersebut disampaikan kala mengunjungi Mapolresta Makota, Kamis (15/10/2020).

Dia menjelaskan bahwa banyak perbaikan jika dibanding saat berkunjung tahun lalu. Sebab pelayanan publik, terutama SKCK dan Satpas SIM, menurut dia, sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Pelayanan SKCK sudah bagus. Hasilnya sudah baik. Ada perubahan dari tahun kemarin. Kami juga berikan saran lain untuk lebih baik melayani masyarakat,” terang Diah Natalisa.

Dalam kunjungannya, Diah Natalisa bersama rombongan didampingi langsung Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata beserta jajaran.

Sebelum berkeliling ke lokasi pelayanan, Kapolresta menjelaskan bagaimana proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga, di ruang SKCK Diah Natalisa melihat langsung layanan yang diberikan.

Selanjutnya, rombongan Deputi Bidang Yanlik mendatangi Satpas SIM. Meski kunjungannya singkat Diah Natalisa, memastikan satu persatu ruangan sudah sesuai standar pelayanan yang ditetapkan. Penilaian secara berkelanjutan, bisa membuat perbaikan pelayanan ditingkatkan.

“Jadi setiap tahun kami melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelayanan yang diberikan, dalam hal ini fokus kita adalah di SKCK dan di Satpas SIM,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengaku, pihaknya berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Kami berkomitmen tehadap pelayanan. Mengurangi intensitas petugas dengan customer guna menghindari terjadinya pungli maupun penyalahgunaan wewenang. Selain itu, meningkatkan pengawasan kepada seluruh sentral pelayanan meliputi SKCK, SPKT dan layanan lainya,” terangnya.

Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution, menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan perbaikan yang dijadikan standar.

Deputi Bidang Pelayanan Publik (Yanlik) Kemenpan RB, Diah Natalisa bersama rombongan mendatangi Polresta Malang Kota dan disambut Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarnata

“Dari kunjungan tadi alhamdulilah sudah dinyatakan baik dari perubahan yang dilihat, begitu juga tingkat kedinginan di ruangan sekarang sudah dingin, AC nya sudah banyak, jadi sekarang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Ramadhan.

Pernyataan Ramadhan, sejalan dengan survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Satpas SIM. Masyarakat bisa langsung menilai pelayanan melalui digital dan bisa ditampilkan secara langsung.

Ramadhan berharap penilaian ini jadi indikator Kemenpan RB memberi predikat WBBM bagi Polresta Malang Kota.

“Untuk tanggapan dari masyarakat sendiri, alhamdulillah survei kepuasan masyarakat sampai saat ini mereka sangat puas,” pungkasnya. (lil)