Lagi, Wali Kota Dewanti Terima Penghargaan APE  dari Menteri PPPA

19 December 2018 - 19:49 WIB
Wali Kota Hj Dewanti Rumpoko menerima penghargaan dari Menteri PPPA Yohana Yembise
Wali Kota Hj Dewanti Rumpoko menerima penghargaan dari Menteri PPPA Yohana Yembise

BATU (SurabayaPost.id) – Lagi – lagi Pemkot Batu mendapat  penghargaan bergengsi. Kali ini, Walikota Batu Dewanti Rumpoko menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia di Istana Wakil Presiden RI Jalan Medan Merdeka Selatan No 6 Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI), Yohana Yembise kepada Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Kala itu Walikota  didampingi Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Batu Abu Sofyan.

Menteri PPP, Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 kepada 9 Kementerian Lembaga, 22 Pemerintah Provinsi dan 159 Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota. Penghargaan tersebut  sebagai bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Dia menjelaskan bila pemberian penghargaan APE itu terdiri 4  kategori. Kategori pertama, diberikan kepada 2 Provinsi, dan 44 Kabupaten dan Kota, kategori Madya, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi, dan 75 Kabupaten/Kota;

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko terima penghargaan

kategori utama, diberikan kepada 1 Kementerian, 8 Provinsi, dan 36 Kabupaten dan Kota serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 6 Kementerian dan Lembaga, 4 Provinsi dan 4 Kabupaten dan Kota.

Wali Kota Batu Hj  Dewanti Rumpoko menyampaikan rasa syukurnya dengan mengucapkan alhamdulillah.
“Kota Batu menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang merupakan suatu perhatian pemerintah terhadap perempuan tentang pengutamaan gender,” kata dia.

Dimana, lanjut dia,  perempuan itu sekarang harus diberi hak yang sama dengan laki-laki, tidak ada perbedaan. “Pemerintah Kota Batu sangat memperhatikan hal tersebut,” kata Dewanti Rumpoko.

Untuk itu, Dewanti Rumpoko, berjanji untuk kedepannya, perempuan bisa lebih berdaya dan memajukan Kota Batu bersama sama.

“Pemerintah Kota Batu akan tetap memperhatikan dan perempuan harus mengambil kesempatan ini sebaik baiknya. Itu dari segala lini manapun tidak ada perbedaan dengan laki laki,” timpalnya. (Gus)