Launching Vaksinasi PMK, Kapolres Batu : Peternak Agar Tidak Panik dan Mampu Meningkatkan Imun Hewan Ternak

25 June 2022 - 16:23 WIB
Polres Batu Launching Vaksin PMK
Polres Batu Launching Vaksin PMK

BATU (SurabayaPost.Id) – Tingkatkan imun pada hewan ternak, Polres Batu launching Vaksinasi PMK (penyakit mulut dan kuku) berlangsung di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (25/6/2022).

Berlangsungnya launching vaksinasi PMK ini di hadiri oleh Asisten 2 Kota Batu, Kepala Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan, Kapolsek Bumiaji,Junrejo, dan Batu.

Selain itu, yang hadir, para Danramil serta Camat bersama perwakilan Kades Kota Batu, dan perwakilan KUD Batu bersama Perwakilan Kelompok Tani serta relawan tenaga Keswan.

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, melalui Kapolsek Junrejo Iptu Anton Hendry menyampaikan bahwa vaksinasi PMK ini betul – betul bisa memberikan kepada peternak.

“Peternak agar tidak panik, sehingga mampu meningkatkan imun hewan ternak,” kata Anton.

Penyerahan Vaksin tersebut, dari Asisten 2 , diberikan ke Keswan, Utami Kurniawati.Penyerahan Vaksin di lakukan di lokasi Kandang Komunal Kelompok Tani Gunung Harta di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Dari sisi lain, Kadis Pertanian Heru Yulianto menegaskan bahwa wabah PMK ini tidak menular kepada manusia, tetapi manusia sebagai vaktor dari virus PMK.

“PMK ini dapat dikendalikan dan PMK ini penyebarannya mirip seperti Covid-19. Alhamdulillah Vaksin PMK datang lebih cepat,” ungkapnya. 

Itu, ungkap dia, sejumlah 12.500 dosis Vaksin PMK dibagikan. Disebutkan dia, untuk sapi perah memdapatkan 12.000 dan 500 dosis untuk sapi potong.

Olehkarena itu, pihaknya berharap, dalam waktu 2 Minggu diharapkan vaksin tersebut sudah terdistribusi kepada peternak.

“Pertengahan bulan Juli sudah digunakan.Suntik vaksin PMK dilaksanakan sebanyak 3 kali pentahapan.Vaksin 1 diharapkan bisa selesai sampai tanggal 7Juli 2022, dan Vaksin 2 dilaksanakan satu bulan kemudian,” ujar Heru.

Sedangkan Vaksin 3, ujar dia, atau Booster dilaksanakan 6 bulan kemudian (gus)