Memasuki Musim Hujan Warga Diminta Selalu Waspada

11 December 2018 - 19:20 WIB
Kepala BPBD Kota Batu Sasmito
Kepala BPBD Kota Batu Sasmito

BATU (SurabayaPost.id) – Dalam menghadapi musim hujan masyarakat Kota Batu dihimbau agar selalu waspada.Himbauan itu disampaikan  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito, Selasa (11/12/2018).

Menurut dia sesuai hasil pengamatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kini sudah memasuki musim hujan. “Yang perlu diwaspadai terjadinya angin kencang, petir dan hujan lebat berdurasi singkat yang sporadis. Itu karena,  fenomena ini lazim terjadi pada awal musim hujan,” kata dia.

Untuk itu, menurut Sasmito, yang perlu diantisipasi kemungkinan terjadi bahaya tanah longsor. Itu  biasanya dipicu intensitas dan frekuensi hujan tinggi. Sehingga warga di pemukiman yang berada di lereng perbukitan dan jalan pada kawasan lereng perbukitan harus selalu waspada.

“Antisipasinya dari kemungkinan terjadinya banjir di kawasan yang ditengarai rawan banjir. Kemungkinan pula terjadinya pohon tumbang,” terangnya.

Makanya,  kata dia, kalau sering terjadi petir jangan menyetel televisi. Sedangkan  titik 

Selain itu dia mengaku sudah sudah memasang Early Warning System (EWS). Menurut dia, fungsi  perangkat itu akan mengirim sinyal ke monitor kalau ada tanda – tanda gerakan tanah. Lantas sirine bakal bunyi dan mengirim sinyal ke bagian operator.

“Kalau sirine tersebut telah berbunyi, jadi dari Tim Reaksi Cepat (URC) dan tim Pusat Kendali Nasional (PKN) langsung meluncur dimana tanda – tanda kewaspadaan tersebut berbunyi. Dan tim itu akan langsung bergerak cepat,” pungkasnya. (Gus)