Pemkot Bersama Komisi IX dan Kemenkes Gelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat

21 August 2021 - 16:19 WIB
Dewanti Rumpoko bersama Krisdayanti dan Anita Renatuli Gultom saat di Pendopo Kota Batu

BATU (SurabayaOost.id) – Pemerintah Kota Batu bersama  anggota DPR RI Komisi IX, Krisdayanti dan  Kemenkes RI, menggelar sosialisasi gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat dan vaksinasi. Sosialisasi itu dilaksanakan  di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu Dewan Rumpoko, Sabtu (21/8/2021)

Sosialisasi tersebut, bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat agar terus menjaga pola hidup sehat dan pentingnya vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi IX DPR RI, Krisdayanti yang sapaan akrabnya KD menghimbau dimasa pandemi saat ini, selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus diperhatikan.

“Besar harapan saya,Gerakan Nasyarakat ( Germas ) ini bisa menjadi hal positif yang bisa dilakukan secara terus menerus dan menjadikan hidup lebih baik dan sehat, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental,” pesannya.

Selanjutnya, KD berpesan, selain menjaga kesehatan dan prokes, yang tidak kalah penting dilakukan adalah vaksinasi.

Semebtara itu, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko menegaskan  pelaksanaan vaksinasi di Kota Batu terus dilakukan untuk mencapai herd immunity.

“Ada sejumlah 1000 vaksin yang dibawa oleh Kemenkes RI dan Ibu Krisdayanti. Saat ini persentase angka penerima vaksin sudah meningkat dari 26% sudah menyentuh angka 30%,” ujar Dewanti.

Diwaktu yang sama, Kasubag Adm Umum Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Anita Renatuli Gultom, SKM MPH menyampaikan kesehatan harus terus diingatkan.

“Melalui Germas ini Pemerintah Daerah kembali mengedukasi dan mengingatkan agar kesehatan jangan sampai kendor,” mintanya.

Itu, kata dia, bahwa kesehatan tersebut, harus diingatkan kembali,dan dilihat kembali.

“Apakah sudah dilakukan atau kendor, kadang sehat kelihatan mudah, tapi ketika sakit kita melihat lagi apa yang selama ini kita lakukan,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap dengan adanya Gerakan Masyarakat Hidup sehat didukung dengan vaksinasi dapat mendorong masyarakat.

“‘ Untuk terus melakukan hidup sehat dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Gus)