Sidoarjo – Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB UNESA) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tawang Sari, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan bertujuan membangun personal branding para ibu rumah tangga sebagai penghasilan tambahan melalui content creator, affiliate, dan freelance.
Acara yang mengangkat tajuk “How Housewives Can Use Personal Branding to Score Side Hustle” berlangsung pada Minggu, 21 Juli 2024. Peserta terdiri dari ibu rumah tangga, tokoh masyarakat desa, dan unsur pemerintah desa setempat. Kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat, menciptakan sinergi positif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan pemberdayaan.
Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari FEB UNESA, yaitu Dita Dismalasari Dewi SM., M.Sc, yang memberikan materi tentang bagaimana membangun personal branding dan cara efektif menggunakan sosial media sebagai pendapatan sampingan serta mengulik website freelance yang tersedia di seluruh dunia. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa FEB UNESA sebagai fasilitator kegiatan.
Ibu rumah tangga pekerjaan yang dituntut untuk bisa melakukan segala hal, mulai dari memasak, mendidik anak, membersihkan rumah, menjadi dokter ketika anak sakit, termasuk dituntut untuk bekerja secara formal. Namun kebanyakan ibu rumah tangga yang ingin bekerja secara formal hilang kesempatan karena harus sibuk melakukan pekerjaan di dalam rumah atau tidak adanya peluang untuk mendapatkan perkerjaan yang layak serta tingkat pendidikan dan pengalaman bekerja yang menjadi tantangan.
“Pentingnya Personal Branding di era modern ini dalam dunia yang semakin terhubung dan kemudahan akses, kemampuan membrandingkan diri sendiri menjadi sangat penting. Memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk menjadikan penghasilan tambahan. ujarnya. Dalam kesempatan menjelaskan pentingnya membangun personal branding untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai ibu rumah tangga,” kata Dita dalam paparannya di hadapan peserta.
“Kami berharap, melalui workshop ini, para ibu rumah tangga di Desa Tawang Sari dapat lebih mengenal karakter dirinya, percaya diri dalam membranding dirinya sendiri. Dan terampil dalam menggunakan teknologi seperti media sosial, website maupun aplikasi freelance untuk membangun personal branding dan mendapatkan pekerjaan sampingan,” tambahnya.
Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud komitmen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai Perguruan Tinggi Negeri unggulan dalam menjalankan strategis melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.
Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat desa dan Ibu Rumah Tangga. Banyak dari mereka yang menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas pengetahuan yang mereka peroleh dari workshop ini. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat terutama ibu rumah tangga dalam membangun personal branding sehingga mendapatkan pengahsilan sampingan dan meningkatkan produktivitas.
(*)