PKS Kota Batu Mulai Siapkan Kandidat untuk Pilwali 2024

21 February 2021 - 13:48 WIB
Ketua DPD PKS, Sekum, MPD dan Ketua DED PKS Kota Batu

BATU (SurabayaPost.id ) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Batu mulai menyiapkan kandidat untuk Pilwali 2024. 

Hal Itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Batu,  Ady Sayoga SE, disela – sela prosesi pelantikan secara virtual, di Hotel Purnama Kota Batu, Minggu (21/2/2021).

Menurut dia, ke depan PKS tak hanya menargetkan penambahan kursi di dewan. “Namun juga tengah mempersiapkan kuda hitam sebagai kandidat di Pilwali Batu 2024 mendatang,” jelas dia.

Menurut Ady, 1 Februari 2021 PKS telah melakukan pelantikan Dewan Pimpinan Tingkat Daerah ( DPTD) di  Batu. “DPTD itu ada tiga lembaga. Pertama Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) dan Dewan Etik Daerah ( DED) kemudian Dewan Pengurus Daerah (DPD) ,” katanya.

Jadi, kata dia, pelantikan tersebut, secara nasional atau serentak. Itu, kata dia dilakukan paska Musyawarah Daerah  (Musda) yang dilakukan pada 28 Desember 2020 lalu.

Prosesi pelantikan beberapa pengurus PKS Kota Batu secara virtual

“Jadi sekarang pelantikan seluruh pengurus, kemudian setelah ini akan ada konsolidasi dan koordinasi lagi akan membahas agenda kerja selama satu sampai lima tahun kedepan,” paparnya.

Meski begitu, papar dia, dirinya masih menunggu arahan dari pusat dan wilayah. Setelah ada arahan, menurut dia, baru akan melakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda).

Yang perlu diketahui, prosesi pelantikan kepengurusan PKS tersebut, didominasi dengan pengurus wajah – wajah lama.

Menariknya lagi, sebagian pengurus yang lama ada yang dilantik lagi dengan jabatan yang serupa, pada periode 2020 – 2025.

” Terkait dengan ini, arahan dari pusat dan wilayah untuk memasukkan pengurus – pengurus kaum milenial dan emak – emak. Arahan dari pusat itu, fokus utamanya,” tegas dia. 

Dijelaskan dia bahwa semua itu untuk menambah jumlah suara dan kualitas para kader. “Sehingga bisa  menambah jumlah kursi dan  memenangkan Pilkada serentak di Kota Batu pada tahun 2024 mendatang. Jadi itu, yang difokuskan,” jelasnya.

Karena, jelas dia sebagai partai politik, menurutnya harus menyiapkan diri untuk pilkada serentak mendatang.Meski begitu,ia mengaku karena undang – undang pemilu masih menggunakan jurus lama, maka Pileg maupun Pilkada secara serentak bakal digebyar pada tahun 2024.

“InsyaAllah PKS sudah melalukan persiapan – persiapan termasuk sudah melakukan kualisi dengan beberapa partai, kendati sifatnya secara informal, karena masih lama,” ngakunya.

Itu, ngaku dia, yang jelas PKS bakal mempersiapkan kadernya dalam bursa pilkada di Kota Batu.Selain itu, Edy mengaku pula tengah menargetkan untuk kedepannya PKS  bisa mempunyai pimpinan di DPRD Kota Batu.

” Jadi pimpinan ketua atau wakilnya, setidaknya harus ada.Kemarin  PKS di Batu belum mendapat amanah menjadi pimpinan di dewan, karena PKS masih di empat besar,” terangnya.

Untuk kedepannya ia meyakini bakal bisa mendapat suara besar. Selain bisa meningkatkan jumlah kursi di dewan, menurut dia, nantinya akan mengkaderkan si kuda hitam di bursa pilkada Kota Batu.

“InsyaAllah PKS akan kerja keras dan kita optimalkan pada pimpinan daerah pemilukada serentak mendatang,” janji Edy.

Sekadar diinformasikan, yang mengikuti prosesi pelantikan dari beberapa pengurus PKS secara virtual yang digelar di Hotel Purnama tersebut, yakni. Ady Sayoga SE dilantik sebagai Ketua DPD PKS Kota Batu,masih tetap di posisi jabatan yang sebelumnya.

Kemudian, Mukhamad Yayak Lc M Ag, sebagai Ketua DED PKS Kota Batu, dan Anas Ibrahim ST sebagai Ketua MPD PKS Kota Batu.Prosesi pelantikan tersebut,dilakukan dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid – 19. (Gus)