Promosikan KWB, Disparta Gelar Kompetisi Film Pendek

17 February 2021 - 16:48 WIB

BATU (SurabayaPost.id) – Demi mempromosikan Kota Wisata Batu (KWB), Dinas Pariwisata Kota Batu, melakukan terobosan baru. Sebab Dinas yang mengelola pariwisata ini bakal menggelar kompetisi film pendek yang mengusung tema’ Kearifan Lokal Kota Batu & Desa Wisata Kota Batu, periode kompetisi 24- 26 Februari 2021.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, Rabu ( 17/2/2021).

Menurut,Arief,giat yang dimaksud,  pra event nya, kompetisi film pendek, dengan mengusung tema’ Kearifan Lokal Kota Batu & Desa wisata kota Batu, periode kompetisi 24- 26 Februari 2021 pada Kamis (18/2/2021).

” Pendaftarannya, gratis dan total hadiahnya jutaan rupiah.Untuk ketentuan peserta dan karya peserta, warga masyarakat Malang Raya dan dibuktikan dengan KTP atau kartu pelajar,” katanya.

Itu, kata dia,film nya berdurasi maksimal 10 menit termasuk credit title. Kemudian,lanjut dia, film diproduksi pada 2020 dan setelahnya serta belum pernah diikutsertakan pada lomba lain.

Sedangkan terkait jenis film nya, kata dia, “Adalah fiksi,  bukan dokumenter, iklan layanan masyarakat trailer film video musik serta film animasi dan vlog,” ujarnya.

Kemudian, ujar dia, wajib menggunakan subtitle bahasa indonesia. Bagi film yang menggunakan bahasa lokal atau asing, menurutnya,  karya belum/ tidak kontrak perjanjian dengan pihak lain. 

“Peserta memiliki  hak penuh atas orisinalitas materi film yang diikutsertakan. Jika ada permasalahan terkait pelanggaran hak cipta, menurut Arief sepenuhnya jadi tanggung jawab peserta,”tandasnya. 

Meski begitu, tandas dia, peserta, diperbolehkan mengirim lebih dari 1 karya.Meski begitu, kata dia, panitia akan memilih 1 karya yang terbaik.

“Persyaratan requirement karya peserta, resolusi – 1080p atau 720p. Aspect Ratio -16: 9 atau 4:3 , Freme Rates – 24 fps atau 25 fps ‘ dan Format mov atau mp4.

Semua karya jadi hak milik panitia untuk dijadikan sebagai salah satu materi promosi dan publikasi Dinas pariwisata Kota Batu,” jelasnya.

Dengan begitu, jelas dia,film yang sudah dikirimkan, menurutnya tidak boleh ditarik atau diambil kembali.Selain itu, tidak terdapat unsur yang menyinggung pihak lain terkait dengan SARA dan pornografi,” pesannya.

Kemudian, pesan dia, keputusan hasil penjurian bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.Selain itu, panitia berhak mendiskualifikasi karya yang melanggar ketentuan.

Sedangkan terkait uang pembinaan menurutnya, bakal diberikan kepada juara 1 , 2 dan 3. “Pemenang akan diumumkan pada tanggal 26 Februari 2021 dan sekaligus menyerahkan hadiahnya,’ pungkasnya. ( */Gus)