Pudir 1 Polinema: Jurusan  Administrasi Bisnis dan Teknologi Informatika Sangat Diminati Mahasiswa Asing

20 May 2019 - 18:51 WIB
Pembantu Direktur (Pudir) 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignyo,

MALANG  (SurabayaPost.id) – Jurusan Administrasi Bisnis dan Teknologi Informatika Politeknik Negeri Malang  (Polinema) sangat diminati mahasiswa asing. Hal itu diakui Pembantu Direktur (Pudir) 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignyo, Senin (20/5/2019).

“Kita memang memberikan kesempatan jalur kelas internasional. Itu untuk  mahasiswa luar negeri maupun calon mahasiswa lokal (dalam negeri),” kata dia kala didampingi  Kepala UPT Humas Polinema, Ir Gatot Joelianto.

Dijelaskan dia bila para calon mahasiswa baru diperbolehkan daftar melalui online. Mereka bisa memilih jalur internasional maupun jurusan lainnya.

Meski begitu, kata dia, untuk pendaftaran mahasiswa asing kelas internasional sudah ditutup. Alasannya kuota sudah terpenuhi. Sebab  peningkatan daya tampung sangat kecil yakni 2 persen.

Pudir 1 Polinema didampingi didampingi  Kepala UPT Humas Polinema, Ir Gatot Joelianto.

“Ada 62 calon maba asing yang daftar. Namun yang diterima hanya 26 mahasiswa asing.  Mereka berasal dari tujuh negara. Diantaranya Madagaskar, Kenya, Sudan dan lainnya,” papar dia.

Menurut dia, para mahasiswa asing yang diterima itu sedang dalam proses daftar ulang. Sebab, perkuliahan akan dimulai pada 26 Agustus 2019 mendatang.

“Untuk  mahasiswa asing, terbanyak peminatnya di jurusan  Administrasi Bisnis serta Teknologi Informatika. Jadi dua jurusan yang yang sangat diminati, “ tutur dia.

Dijelaskan dia bila Maba asing itu ada yang mendapatkan beasiswa bebas UKT. Ada juga yang mendapatkan  full beasiswa. Tapi, lanjut dia, ada juga yang mandiri (biaya sendiri).

Sementara terkait pendaftaran mahasiswa baru (Maba)  jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN ), dijelaskan dia bila mulai dilaksanakan Senin tanggal 20  Mei sampai tanggal 30 Juni 2019.

Pelaksanaan tes akan digelar pada Sabtu 22 Juni 2019. Sedsngkan  pengumuman hasil tes akan diumumkan pada 27 Juni 2019.

Tahun ini kata dia, jalur UMPN akan membuka 23 Prodi. Sedangkan  Maba yang diterima sebanyak 3. 248, dari prodi D3 maupun D4. Baik itu reguler maupun kerjasama serta kelas Internasional.

Untuk UMPN, menurut dia,  Polinema hanya menerima 1.138 calon Maba. “Itu karena daya tampung telatif meningkat sedikit jika dibandingkan dengan penerimaan tahun lalu,” ungkap dia.

Menurut dia, hal itu dilakukan  karena aku Polinema menginginkan kondisi yang ideal sesuai  daya tampung. Sehingga proses perkuliahan bisa berlangsung  nyaman.

Sedangkan untuk penerimaan jalur Mandiri kata dia akan dilaksanakan pada 28 Juni – 25 Juli 2019 mendatang. “Untuk jalur Mandiri, pelaksanaan tes digelar pada tanggal 7 Juli. Sedangkan pengumuman hasil tesnya pada 29 Juli 2019,” pungkasnya. (lil)