Sukses Raih WTN, Dishub Gresik Tingkatkan Penataan Lalu Lintas

2 October 2019 - 10:23 WIB

 

GRESIK (SurabayaPost.id)–Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari pemerintah pusat di Jakarta Convention Center, pada Minggu (15/09) menjadi motivasi jajaran Dinas Perhubungan Pemkab Gresik untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemkab Gresik, Nanang Setiawan.

“Kami dijajaran Dinas Perhubungan tentu bersyukur. Sebab, ini adalah torehan prestasi tingkat nasional. Tentu ini akan kami jadikan sebagai motivasi bagi jajaran kami untuk terus meningkatkan kinerja,” ujar Nanang, Rabu (2/10).

Ditegaskan Nanang, WTN adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota/kabupaten dan provinsi yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Penilaian diberikan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan besar dalam penilaiannya.

“Penghargaan WTN diberikan dua tahun sekali berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan objek penilaian melalui lima bidang,” jelasnya.

Adapun lima bidang yang dinilai itu adalah bidang lalu lintas (bobot nilai 20 persen), bidang angkutan umum (15 persen), bidang sarana transportasi darat (25 persen), bidang prasarana transportasi darat (15 persen) dan bidang umum (25 persen).

“Kami bersyukur atas penghargaan yang diperoleh tersebut. Tentu prestasi membanggakan ini tidak lepas dari dukungan stakeholder terkait dan peran serta masyarakat Gresik yang semakin tertib berlalulintas,” ucapnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, Sugihardjo kepada Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Gresik Nanang Setiawan serta Kanit Regiden Satlantas Polres Gresik IPTU Bachtiar yang bertempat di Jakarta Convention Center, pada Minggu (15/9/).

Wabup Moh. Qosim menyampaikan apresiasi kepada para instansi terkait yaitu jajaran Polres Gresik dan Dishub Kabupaten Gresik yang selalu berkomitmen mendukung sepenuhnya dalam menyiapkan dan menertibkan kegiatan berlalu lintas dengan mengedepankan kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik dalam dua instansi tersebut.

“Alhamdulillah Pemkab Gresik kembali meraih penghargaan WTN tahun ini. Penghargaan yang merupakan pengakuan dari pemerintah pusat tentang penataan lalu lintas di Kabupaten Gresik yang dinilai baik,” ujar Wabup Qosim.

Ia meyakini, peraihan penghargaan ini tidak terlepas dari peran masyarkat sebagai pengguna jalan, para awak angkutan umum, angkutan barang, angkutan kota yang kesemuanya punya andil dalam perolehan penghargaan ini.

“Untuk itu, saya mewakili Pemerintah Kabupaten Gresik turut mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang juga ikut andil, sehingga Gresik meraih penghargaan WTN,” pungkasnya.