Tingkatkan Profesionalisme, Hawai Waterpark Gelar Lomba Jurnalistik

1 January 2019 - 19:11 WIB
Ketua Panitia Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik di Hawai Waterpark Malang.
Ketua Panitia Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik di Hawai Waterpark Malang.

MALANG (SurabayaPost.id) – Manajemen Hawai Waterpark Malang, Jawa Timur, menggelar  lomba jurnalistik. Lomba tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan mempromosikan tempat wisata berbasis air di Malang itu.

Menurut, Owner Hawai Waterpark Malang Yogi Kurniawan, Selasa (1/1/2019), Lomba Karya Jurnalistik itu tidak semata-mata untuk membantu mempromosikan tempat wisatanya. Namun, tegas dia  demi lebih mempererat tali silaturahmi dengan wartawan di Malang Raya ini.

Meski begitu dia mengakui bila publikasi di media, baik itu cetak, online, televisi, radio maupun media foto, sangat membantu  menyampaikan informasi kepada masyarakat. Untuk itu dia memberikan hadiah total Rp 30 juta pada para pemenang.

“Jangan dinilai dari besar kecilnya hadiahnya, tapi persaudaraan yang menjadi utama. Karena dengan digelarnya Lomba Karya Jurnalistik, maka secara langsung tempat wisata yang kami kelola ini akan semakin banyak diketahui masyarakat luas,” tegas Yogi.

Masih dia tegaskan, penulisan sebuah berita adalah bagian yang tidak mungkin dipisahkan dari perkembangan dunia wisata, dan apapun itu bentuknya. Sehingga Lomba Karya Jurnalistik, tentunya dirinya ikut memberi ruang kepada teman-teman jurnalis untuk tetap berperan dalam mengasah daya pikir dan daya nalar tentang sebuah tempat wisata.

Selain itu, dengan menggandeng teman-teman jurnalis di Malang Raya, agar tetap ada nilai lebih dalam mengintervensi dunia wisata yang ada di Malang Raya lewat karya-karyanya.

Sementara itu, ketua Panitia Panitia Lomba Karya Jurnalistik Hawai Waterpark Cahyono menambahkan, Lomba Karya Jurnalistik ini diikuti 52 orang peserta dari berbagai media, baik dari media lokal, regional, maupun nasional. Para jurnalis dikatakan dia sangat  antusias ikut lomba tersebut.

Hal ini secara langsung telah memberikan kontribusi dalam mempromosikan wisata di Malang Raya, terutama wisata Hawai Waterpark. “Sebab, semakin banyak berita wisata di Malang Raya ini, yang jelas akan meningkatkan jumlah wisata. Sehingga hal itu juga akan membantu Pemerintah Daerah dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Cahyono yang juga wartawan Harian Bhirawa ini menjelaskan, dalam Lomba Karya Jurnalistik yang digelar Hawai Waterpark dibuka secara gratis alias peserta tidak dipungut biaya. Sedangkan lomba tersebut dibuka panitia mulai tanggal 15-26 Desember 2018.

Dan naskah berita yang masuk telah dinilai oleh tim juri yang sudah memiliki lisensi atau mereka yang sudah bersertifikasi tingkat utama, atau sebagai wartawan profesional. Sehingga dalam penilaian dilakukan secara profesional, dan dilakukan secara independen, tanpa  ada intervensi dari mana pun.

Hadiah yang diterima pemenang, kata dia, yakni sebanyak 18 orang. Juara pertama memperoleh uang sebesar Rp 2,5 juta, juara kedua Rp 2 juta, juara ketiga 1,5 juta, dan ditambah juara harapan yang diperuntukkan wartawan media online, pertama memperoleh Rp 1 juta, kedua Rp 750 ribu, dan ketiga Rp 500 ribu.

“Selain uang yang diterima para juara, mereka juga memperoleh sertifikat sebagai pemenang. Sedangkan pemberian hadiah kepada para juara, diberikan pada tanggal 31 Desember 2018, atau malam pergantian tahun 2019, di Hawai Waterpark, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang,” pungkasnya. (lil)