Wabup Dipilih Dewan, Pendamping Sanusi Raih 44 Suara

9 October 2019 - 17:11 WIB
Proses pemilihan Wabup Malang di kantor DPRD Kabupaten Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – Pendamping Bupati Malang, HM Sanusi dipilih Dewan lewat sidang paripurna, Rabu (9/10/2019). Hasil. Pemilihan  tersebut ternyata M Soedarman meraih 44 suara. Sedangkan kompetitornya Abdul Rosyid Assadullah hanya dapat lima suara dan Satu suara rusak dari total 50 suara.  

Hasil tersebut mengantar M Soedarman menjadi Wabup Malang, periode 2019-2021. Dia mengisi posisi HM Sanusi yang sudah dilantik menjadi Bupati Malang 17 September 2019 lalu. 

Itu berarti Soedarman yang merupakan  akademisi yang mampu mengalahkan Abdul Rosyid  Assadullah, kader partai Nasdem. Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Malang hadir untuk menentukan pilihan tersebut. Proses pemilihan juga dihadiri Bupati Malang HM Sanusi dan serta dua kandidat calon Wabup.

Sejak awal perhitungan, perolehan suara untuk Soedarman melejit jauh meninggalkan rivalnya Abdul Rosyid Assadullah yang merupakan kader dari Partai NasDem.

Sampai akhir perhitungan selesai, Soedarman yang merupakan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara itu menang telak dengan 44 suara, sementara Abdul Rosyid hanya mendapatkan 5 suara, 1 suara dinyatakan rusak.

Terpilih menjadi Wabup untuk mendampingi HM Sanusi di sisa masa jabatan hingga Februari 2021, Soedarman mengaku akan berkoordinasi dengan Bupati Malang terkait paparan visi misi yang disampaikan kemarin ketika terpilih sebagai Wabup, yaitu akan meningkatkan kualitas pendidikan, pengembangan industri pariwisata, bagaimana memberdayakan generasi muda (millenial), peningkatan layanan publik dan serta tata kelola pemerintahan.

“Kami kan fungsinya sebagai pembantu. Saya nanti akan berkoordinasi dengan Bapak Bupati untuk peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan industri pariwisata, bagaimana memberdayakan generasi muda (millenial), peningkatan layanan publik dan serta tata kelola pemerintahan, di sisa masa jabatan yang hanya tinggal 18 bulan ini,” ungkapnya.

Karena berangkat dari dunia pendidikan, Soedarman berharap dapat segera merubah pola pendidikan di Kabupaten Malang. 

“Harapan saya, akan ada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Malang. Tapi, saya akan berkoordinasi dengan Bapak Bupati guna mencari solusi yang terbaik,” pungkasnya. (lil)