Woww…One Day Market KB & TK Lab UM Sangat Meriah dan Heboh 

16 August 2019 - 22:58 WIB
Suasana One Day Market di sekolah KB & TK Lab UM yang berlangsung meriah dan heboh
Suasana One Day Market di sekolah KB & TK Lab UM yang berlangsung meriah dan heboh

MALANG  (SurabayaPost.id) – Sekolah Kelompok Bermain (KB) & Taman Kanak-kanak  (TK) Laboratorium (Lab) UM Malang menggelar bazar, Jumat (16/8/2019). Bazar bertajuk One Day Market tersebut berlangsung  samgat meriah dan heboh. 

Maklum, lima kelas yang dimiliki KB & TK Lab UM itu berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam bazar dan beragam lomba yang digelar  menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Itu mulai dari dekorasi, sajian menu yang ditawarkan  hingga  jumlah transaksinya. 

Penyajian menu dan dekorasi di masing-masing stan peserta One Day Market itu semuanya menarik dan heboh. Sebab, tak hanya siswa yang terlibat.  Orang tua masing-masing siswa pun ikut berperan aktif bersama para guru KB & TK Lab UM. 

Para pemenang One Day Market pose bersama

Mereka menampilkan dekorasi yang unik dan menarik. Hampir semua stand peserta bazar itu terlihat klasik nan eksotik. 

Para ibu yang merupakan orang tua atau wali dari siswa berekreasi dengan penuh kreatif. Apalagi kolaborasi orangtua dengan anak sangat kental dan mengesankan. 

Praktis, hal tersebut menjadi pemandangan yang langka dan menarik. Sebab, para siswa yang masih berusia dini itu bisa belajar secara langsung berbisnis dan bertransaksi. 

“Ya, karena One Day Market ini bertujuan untuk pembelajaran entrepreneurship kepada siswa siswi sejak dini. Menurut kami itu penting untuk pendidikan kewirausahaan sejak dini,” kata Kepala Sekolah KB & TK Lab  UM, Rahayu Asyhari SPd.

Salah satu stan peserta One Day Market di TK Lab UM

Itu karena, lanjut wanita ramah ini, karakter anak terbangun melalui apa yang didengarkan, dilihat dan dirasakan. Pendengaran dan penglihatan, kata dia,  merupakan pintu masuk pelajaran sebelum masuk menempa hati nuraninya. 

Makanya, terang dia, melalui seluruh inderanya akan muncul pembelajaran yang kuat terkait dengan apa yang diterima. “Bila anak terbiasa dengan dunia wirausaha sejak kecil, maka karakter inilah yang akan muncul kelak ketika dewasa,” papar dia.

Itu karena, jelas dia, pembelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) akan lebih mengarah pada perubahan mental. Menurut dia, Mien Uno berpendapat bahwa untuk menjadi wirausahawan handal dibutuhkan karakter unggul. 

Kepala Sekolah KB & TK Lab UM bersama juri usai memantau stan peserta One Day Market

Sedangkan karakter unggul itu, terang dia, meliputi  pengenalan terhadap diri sendiri, kreatifitas, berpikir kritis dan  mampu memecahkan permasalahan. Selain itu, kata dia, dapat berkomunikasi dengan baik dan  mampu membawa diri di berbagai lingkungan. 

Karena itu, kata dia, melalui One Day Market ini siswa bisa mengenal pendidikan kewirausahaan sejak dini. Sehingga karakter anak terbangun  dengan baik. 

“Anak akan cepat beradaptasi dengan lingkungan, bisa menghargai waktu dan berbagi dengan orang lain. Disamping itu anak tidak mudah stres, karena mampu mengendalikan emosi dan membuat keputusan sendiri,” pungkasnya sembari menambahkan bila berwirausaha bukan hanya dunianya orang dewasa, tetapi juga menjadi bagian dari dunianya anak-anak. (aii)