IBU Bagikan Sembako Tiap Minggu, Pasang WIFi di Kosan Mahasiswa

29 April 2020 - 00:19 WIB
Paket sembako yang dibagikan pada mahasiswa IBU Malang

MALANG (SurabayaPost.id) – IKIP Budi Utomo (IBU) Malang kembali melakukan kegiatan sosial peduli Covid-19. Sebab sesuai arahan Rektor IBU Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko, pembagian Sembako itu dilakukan tiap minggu alias sekali dalam sepekan.

Pembagian Sembako itu sebagai bentuk kepedulian atas pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir seluruh sektor kehidupan. Utamanya sektor ekonomi.

Makanya, jika sebelumnya IKIP Budi Utomo mengawali kegiatan sosial peduli Covid-19 dengan membagikan hand sanitizer kepada masyarakat luas, kali ini berupa pembagian paket sembako bagi karyawan dan mahasiswa di IKIP Budi Utomo Malang.

“Paket sembako diberikan setiap minggu dengan cara diantar pada masing-masing tempat tinggal mereka. Ini juga bertujuan agar pembagian paket dapat terlaksana dengan baik tanpa melanggar himbauan pembatasan fisik dan sosial,” kata Rektor Nurcholis Sunuyeko, Selasa (28/4/2020).

Selain paket sembako, bagi mahasiswa, kata dia, IKIP Budi Utomo Malang telah memasang jaringan WiFi gratis di setiap tempat tinggal mereka (kos). Hal ini dilakukan agar mahasiswa tetap dapat melakukan perkuliahan secara online (daring) dengan dosen.

“IKIP Budi Utomo Malang telah memulai program sosial peduli Covid-19 ini dengan membagikan hand sanitizer kepada masyarakat luas. Kali ini kami kembali melakukan program peduli sosial ini dengan cara membagikan paket sembako kepada karyawan dan mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang,” jelas dia.

Hal itu kata dia agar IKIP Budi Utomo Malang benar-benar hadir untuk membantu kebutuhan mereka. Salah satunya yang berkaitan dengan kebutuhan ekonomi.

“Kita mengetahui bersama, dengan situasi saat ini terlebih sudah masuk bulan puasa, harga kebutuhan pokok melejit naik. Karenanya upaya kecil yang kami lakukan mudah-mudahan dapat memberi nilai kemanfaatan kepada sesama,” jelas dia.

Menurut dia tidak hanya sembako yang diberikan pada mahasiswa. Namun juga fasilitasi WiFi yahg dipasang secara gratis di kos-kos mereka.

Dengan sembako dan jaringan internet yang prima, katanya mahasiswa dapat melakukan perkuliahan daring dengan lancar tanpa hambatan. “Sehingga walau dengan adanya pembatasan sosial dan fisik, anak-anak kami tetap terjamin dan produktif dalam perkuliahan-perkuliahan yang diambil,” jelas dia.

Sementara itu Ketua Satgas Covid Riyanto, M.Pd mengatakan bila bakti sosial yang dilakukan IBU sesuai instruksi dan arahan Rektor Nurcholis Sunuyeko. “Makanya kami melacak tempat tinggal karyawan dan mahasiswa IBU lalu kami lakukan apa yang menjadi program kami, yaitu pembagian paket sembako dan pemasangan WiFi,” jelas dia.

Menurut dia, IBU sebagai institusi terus mendorong untuk aktif memantau seluruh unsur di IBU agar tetap “terurus” dan terjamin segala sesuatunya. “Alhamdulillah semangat kami hingga Ramadhan ini tidak pernah surut. Kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan dan dosen yang turut membantu berdonasi untuk kegiatan sosial peduli Covid-19 ini,” pungkasnya. (lil)