5 Tips Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Saat Belanja Online agar Keuangan Tetap Aman

31 December 2021 - 11:49 WIB
Ilustrasi; sumber: https://images.app.goo.gl/tTesqXJxuJjU3DYE8

Dewasa ini, masyarakat kian dimanjakan dengan banyaknya layanan keuangan berbasis digital yang mudah untuk diajukan dan dimanfaatkan kala berbelanja. Salah satunya adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang telah tersedia di hampir semua e-commerce dan merchant online di Indonesia. 

Dengan cicilan tanpa kartu kredit online, penggunanya mampu menyelesaikan transaksi berbelanja tanpa harus membayarnya saat itu juga. Melainkan, tagihan belanja tersebut akan ditalangi lebih dulu, baru nasabahnya melunasinya secara mencicil atau sekali bayar di lain waktu. Tidak hanya itu, cicilan tanpa kartu kredit juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan apa pun yang diinginkan, mulai dari keperluan primer, sekunder, hingga tersier seperti tiket liburan dan sebagainya. 

Akan tetapi, pengguna cicilan tanpa kartu kredit perlu mewaspadai beberapa risiko yang mungkin diakibatkan oleh layanan tersebut, misalnya, keamanan privasi, kenyamanan transaksi, hingga transparansi biaya. Nah, agar cicilan tanpa kartu kredit bisa lebih aman dan nyaman digunakan, simak 5 tipsnya berikut ini. 

  1. Jangan Kalap Lihat Promosi 

Bukan hanya kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya, daya tarik cicilan tanpa kartu kredit juga berasal dari promo yang diberikannya. Siapa yang tidak tertarik dengan cashback, diskon, beli 1 gratis 1, free ongkir, dan sebagainya? Nyatanya, promo seperti ini adalah hal yang wajar pada layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Adanya promo seperti ini jika dimanfaatkan dengan tepat tentu mampu menekan pengeluaran ketika berbelanja. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula jika adanya promo malah memunculkan sikap impulsif dan berbelanja melebihi kebutuhan hingga akhirnya pengeluaran membengkak.

Hal itulah yang perlu Anda waspadai saat menggunakan cicilan tanpa kartu kredit. Usahakan untuk tidak kalap ketika melihat banyaknya promosi yang bisa didapatkan dan hanya penuhi keperluan yang benar-benar dibutuhkan saja dengan layanan keuangan tersebut. Selain itu, perhatikan juga syarat dan ketentuannya agar tidak merasa tertipu atau dirugikan jika ternyata promo tak sesuai dengan ekspektasi.

  1. Perhatikan Selisih Harga Produk dengan Tingkat Bunganya

Agar bisa mendapatkan harga yang terbaik, usahakan untuk memperhatikan selisih harga produk di satu merchant dengan yang lainnya. Khususnya saat membeli produk dengan harga yang relatif mahal. Namun, jangan pula langsung tergiur untuk membeli barang yang ditawarkan dengan harga miring, apalagi yang terkesan tak masuk akal agar kualitasnya terjamin. 

Melalui perbandingan harga tersebut pula Anda mampu mencari tahu ragam keuntungan dan pilihan layanan kredit yang bisa dipilih sekaligus memperhitungkan tingkat bunga serta nominal cicilannya. Dengan begitu, penyesuaian dengan kondisi keuangan menjadi lebih praktis dilakukan.

  1. Cari Tahu Reputasi, Kredibilitas, dan Legalitas Toko Online

Berbelanja online membuat pembeli tak bisa secara langsung melihat dan memastikan kualitas dari produk yang ingin dibelinya. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu reputasi, kredibilitas, serta legalitas dari toko online tempat Anda ingin berbelanja. 

Cek ulasan dari para pelanggan sebelumnya dan pastikan review yang diberikan positif, setidaknya mayoritas memberikan penilaian bintang 5. Cara ini merupakan cara paling umum agar terhindar dari tindakan penipuan yang masih rentan terjadi pada layanan belanja online. 

  1. Cek Pula Reputasi, Kredibilitas, dan Legalitas Penyedia Layanan Kredit

Tidak hanya pada toko online atau e-commerce, Anda juga perlu memeriksa reputasi, kredibilitas, dan legalitas dari penyedia layanan cicilan tanpa kartu kredit. Pastikan bahwa layanan tersebut telah terdaftar, dan bila perlu telah mengantongi izin usaha dari OJK

Selain itu, bandingkan pula keunggulan kredit yang ditawarkan dari masing-masing layanan, sebagai contoh, tingkat bunga yang dibebankan, variasi tenor, biaya tambahan, denda keterlambatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan layanan kredit tanpa kartu yang terbaik dan sesuai dengan keperluan serta kondisi keuangan. 

  1. Cermati Rincian Biaya Tambahan 

Tak kalah pentingnya, hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum menggunakan cicilan tanpa kartu kredit saat berbelanja online adalah mencermati rincian biaya tambahan yang dibebankan kepada pengguna. Bukan hanya soal tingkat bunga, beberapa biaya tambahan seperti, biaya administrasi, biaya layanan, denda keterlambatan, dan lain sebagainya juga perlu dicari tahu.

Jangan sampai saat sudah terlanjur mengajukan kredit, ada banyak biaya tambahan yang membengkakkan tagihannya. Jika sudah begitu, beban keuangan akan menjadi lebih berat dan menimbulkan pengeluaran yang tak perlu, bukan? Oleh karena itu, cek dulu berapa banyak biaya tambahan yang diberikan oleh penyedia cicilan tanpa kartu kredit dan pastikan nominalnya wajar serta dijelaskan secara transparan. 

Tidak Lagi Khawatir Bertransaksi Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Itulah 5 tips gunakan cicilan tanpa kartu kredit dengan aman saat berbelanja online. Intinya, tetap gunakan layanan tersebut sesuai kebutuhan dan anggap setiap transaksi yang dibayar pakai kredit tanpa kartu sebagai utang. Dengan begitu, pemakaiannya bisa lebih mudah dikontrol dan tak akan sampai menimbulkan masalah bagi keuangan.