50 Anggota DPRD Gresik Terpilih Resmi Dilantik

26 August 2019 - 12:03 WIB

GRESIK (SurabayaPost.id)–Meski gagal dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019, Nur Qolib Wakil Ketua DPRD Gresik memimpin paripurna istimewa pelantikan 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupten Gresik terpilih periode 2019-2024 pada, Jumat (23/8). Politikus senior itu didampingi Ketua DPRD Ahmad Nurhamim, dan Wakil Ketua Moh. Syafi’ A. M.

Nur Qolib yang mewakili 50 anggota DPRD Gresik periode 2014-2019 meminta maaf kalau masih ada sejumlah harapan dan keinginan masyarakat yang belum bisa diwujudkan. “Tentunya kami telah berbuat maksimal untuk kepentingan masyarakat Gresik,” jelas politkus PPP ini dalam sambutannya.

“DPRD Gresik periode 2014-2019 telah banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. Semua kita jalankan sesuai dengan tugas dan fungsi kami,” lanjut Nur Qolib.

Ia berharap, pekerjaan rumah (PR) yang belum bisa dituntaskan oleh DPRD periode 2014-2019, bisa dilanjutkan oleh DPRD periode 2019-2024. “Semua ini semata-mata demi rakyat,” pungkas Nur Qolib.

Setelah itu, sebanyak 49 anggota dari total 50 anggota DPRD Gresik diambil sumpah janji yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Fransiskus Arkadeus Ruwe. Satu anggota terpilih, yakni Nur Saidah, tidak bisa mengikuti pelantikan karena sedang menunaikan ibadah haji.

Usai pelantikan, sekwan Darmawan membacakan nama anggota DPRD yang ditunjuk menjadi pimpinan DPRD sementara. yakni H. Moh. Abdul Qodir dari PKB menjabat Ketua DPRD sementara, dan Asluchul Alif dari Gerinda Wakil Ketua DPRD sementara.

PKB dan Gerindra berhak mendapatkan jatah pimpinan DPRD sementara sebagai 2 partai yang memperoleh kursi terbanyak berdasarkan hasil Pileg 2019.

Usai ditunjuk sebagai ketua sementara, Abdul Qodir kemudian mengambil alih pimpinan sidang paripurna. Dia menyatakan, tugas pimpinan sementara adalah mengoordinasikan kegiatan DPRD sementara, dalam memfasilitasi terbentuknya fraksi-fraksi.

Dia mengajak seluruh anggota dewan yang baru dilantik agar membangun DPRD untuk kepentingan masyarakat. “Mari kita bekerja sama untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan ini, Qodir juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019 atas jasa-jasanya dalam membangun DPRD dan Kabupaten Gresik.

Hal yang sama disampaikan Bupati Sambari. Dalam sambutannya, ia mengajak kepada anggota DPRD Gresik untuk meneruskan kerja sama yang telah terbangun dengan baik selama ini. “Mari kita bangun Gresik ini dengan kebersamaan,” ajaknya.(adv)